ASI, Kesehatan Anak

Putih-Putih di Lidah Bayi

PUTIH-PUTIH DI LIDAH BAYI

Milky Coating

Bayi di foto ini terlihat lidahnya ada selaput putih. 

1541992899049

Bayi ini juga permukaan lidahnya terlihat seperti ada warna putih:

1544160580453-01

Bayi saya pun dulu ada lapisan putih di lidahnya:

Screenshot_2017-05-31-15-06-06-02

Lapisan putih di lidah bayi yang hanya minum susu ini biasanya disebut milky coating. Biasanya milky coating di permukaan lidah bayi terjadi akibat residu/sisa susu. Semua bayi yang hanya minum susu akan memiliki milky coating, baik susu ASI maupun susu formula. 

Milky coating akibat sisa susu saja tidak menimbulkan gangguan kesehatan. Terbukti bayi tetap lahap menyusu, tidak rewel, tumbuh kembangnya bagus, proses menyusui nyaman juga payudara ibu pun tak ada keluhan.

Milky coating akan menghilang sendiri saat bayi sudah makan makanan lain di masa MPASI. Orang tua tidak perlu khawatir berlebihan. Pantau saja tumbuh kembang kesehatan bayi secara teratur dan nikmati masa-masa menyusui yang menyenangkan ini. Jika ada keluhan segera bawa bayi periksa ke tenaga kesehatan berkompeten.

Tidak perlu rutin membersihkan lidah bayi. Jangan mencuci lidah bayi menggunakan air putih tambahan meski hanya sesendok. Air putih tambahan tidak bisa mencegah milky coating atau pun infeksi jamur. Pemberian air putih tambahan tanpa indikasi medis ini justru bisa berbahaya. Pemberian sesendok air putih tambahan secara rutin tanpa indikasi medis akan membuat produksi ASI ibu berkurang, merusak status ASI eksklusif dan bayi rentan sakit.

Baca juga: Pentingnya pemberian ASI Eksklusif 

Sisa Susu

Pada rongga mulut bayi juga sering terlihat sisa susu. Bekas susu di rongga mulut bayi mudah dibersihkan memakai kassa. Namun bekas susu ini sebenarnya bukan hal berbahaya yang harus dirisaukan. Sisa susu nanti akan bisa bersih hilang sendiri. Aliran susu juga sirkulasi aliran ludah akan turut membersihkan sisa susu saat tertelan oleh bayi. Tidak perlu rutin menambah sesendok air putih hanya untuk membersihkan sisa susu. Pemberian sesendok air putih tambahan secara rutin tanpa indikasi medis akan membuat produksi ASI ibu berkurang, merusak status ASI eksklusif dan bayi rentan sakit

Oral Thrush

Bayi pada foto ini mengalami oral thrush. Penyebab oral thrush bukan ASI atau sisa susu. Penyebab oral thrush paling sering yaitu infeksi jamur Candida albicans. Tampak selaput putih-putih di lidah menebal juga ditemukan di bagian mukosa bibir dan rongga mulut lainnya. 

oral thrush

Sumber foto NHS

Lapisan oral thrush lebih menebal, seperti beludru atau dadih susu menyebar di permukaan lidah maupun mukosa lainnya pada rongga mulut. Lapisan putih pada kondisi oral thrush ini sulit dibersihkan, jika dipaksa justru akan berdarah.

Faktor risiko:

  • Infeksi jamur di bagian lain, contoh diaper rash
  • Pasca terapi antibiotik, baik pada bayi atau ibu
  • Umur
  • Bayi prematur
  • Pemakaian botol dot, kempeng
  • Infeksi jamur pada payudara ibu
  • Kondisi lain yang menyebabkan gangguan keseimbangan kekebalan tubuh dan flora normal

1542859100877

Dokter Regina Effeinmeta membagikan postingan edukasi tentang risiko bahaya pemakaian dot. Terlihat botol dot kotor sehingga bayi pun sakit. Dot dan empeng kotor pun mudah berjamur kemudian mengakibatkan infeksi pada bayi yang rentan sakit.

Baca juga: Dampak buruk pemakaian botol dot

Gejala infeksi jamur biasanya bayi rewel, menyusu sering lepas, bayi malas menyusu, atau menolak menyusu langsung di payudara ibu. Bayi ada juga yang mengalami demam ringan. Periksakan ke dokter untuk mendapat resep obat anti-jamur. Bayi yang malas atau menolak menyusu bisa menyebabkan dehidrasi. Ibu juga harus waspada sebab infeksi jamur pada bayi bisa menular ke payudara ibu. Jika bayi sering mengalami oral thrush sebaiknya lakukan konsultasi pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui faktor risiko lainnya.

Baca juga: Infeksi jamur di payudara ibu

Kapan pun ibu mengalami permasalahan menyusui maka segera hubungi Konselor Menyusui berkompeten. Konselor akan membantu mencari tahu penyebab keluhan. Jika ada keluhan kesehatan maka segera periksa ke dokter. Perhatian: pemakaian obat anti-jamur harus sesuai petunjuk dokter. Tanyakan dengan jelas cara pemakaian obat.

Mencegah Infeksi Oral Thrush

Belum diketahui apa yang bisa mencegah terjadinya oral thrush ini. Oral thrush tidak menular jika kondisi sehat, keseimbangan kekebalan tubuh baik dan hanya dengan bicara/bermain seperti biasa. Hindari pemakaian botol dot dan kempeng untuk mengurangi faktor risiko. Pastikan cuci steril media pemberian susu dengan benar. Ibu berobat hingga tuntas jika mengalami infeksi jamur payudara. Pengasuh harus rajin mencuci tangan pakai sabun tiap kali ganti popok bayi. Gunakan antibiotik dengan bijak sesuai resep dokter.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.