ASI

Permasalahan Anatomi Payudara Normal

PERMASALAHAN ANATOMI PAYUDARA NORMAL

Artikel ini membahas anatomi payudara yang normal, untuk variasi bentuk puting (link) atau kondisi payudara tidak normal bisa dibaca di artikel lain (link).

Ukuran anatomi payudara itu ibaratnya seperti hidung. Hidung ada yang besar mancung, dan ada hidung kecil mungil. Semua hidung sehat bisa digunakan untuk bernafas oleh pemiliknya. Demikian juga payudara. Ada banyak variasi anatomi ukuran payudara sehat yang dengan teknik menyusui tepat akan bantu ibu sukses memberikan ASI.

Baca juga: ASI Eksklusif

Bentuk ukuran payudara ditentukan terutama oleh jumlah jaringan lemak payudara. Jumlah kelenjar alveoli relatif tidak berbeda pada payudara sehat.

Variasi bentuk payudara

Ilustrasi Anatomi Payudara

Anatomi payudara1

Mengenal Kapasitas Penyimpanan ASI

Payudara ibu bisa jadi memiliki kapasitas penyimpanan ASI berbeda. Ada payudara yang memiliki kapasitas penyimpanan banyak, sedang maupun sedikit. Namun kapasitas penyimpanan ini tidak menjadi permasalahan selama ibu melakukan menyusui responsif. Ibu dengan kapasitas penyimpanan ASI sedikit maka payudara terasa lebih cepat penuh sehingga frekuensi menyusui akan lebih sering. Ibu dengan kapasitas penyimpanan payudara besar maka jarak antar-waktu penyusuan bisa lebih lama. Pola menyusu bayi otomatis akan menyesuaikan dengan payudara ibunya.

2014-08-16-16-16-27.png

 

Payudara merupakan “mesin pembuat susu” paling efisien di dunia. Payudara sehat tidak pernah kehabisan ASI selama manajemen menyusui baik. 

Baca juga: Pemberian makan responsif

Kiat Menyusui Bayi

Bayi akan lebih sering menyusu jika kapasitas penyimpanan ASI lebih sedikit, demikian juga sebaliknya. Ibu responsif mengikuti permintaan bayi dengan pantau tanda kecukupan asupan, tumbuh kembang dan kondisi kesehatan secara teratur. Payudara besar maupun payudara kecil yang sehat akan tetap bisa sukses memberikan ASI eksklusif jika ibu menyusui dengan baik.

Ibu berpayudara kecil tak perlu risau ASI akan habis. Pada pola menyusui responsif tanpa membatasi penyusuan pun bayi hanya mengambil 80% ASI di payudara. Ibu dengan payudara besar tak perlu risau ASI akan lama mengisi. Produksi ASI lancar sepanjang waktu selama ibu menyusui dengan baik. Kreatif mencoba berbagai posisi menyusui seperti posisi menyusui berbaring miring, dekapan silang, bawah lengan dan bantuan bantal untuk menyamankan posisi bisa memudahkan ibu (link). 

Ibu proaktif melihat tanda lapar dan tanda kenyang yang diberikan oleh tubuh bayi. Bisa bantu dengan teknik breast compression, double nursing dan memijat lembut payudara saat bayi sedang menyusu untuk melancarkan aliran ASI. Baca juga Tanda Bayi Lapar, Tanda Bayi Menelan ASI , Tanda Bayi Kenyang. Pastikan bayi melekat dengan baik. Ibu bisa meminta bantuan keluarga untuk mengawasi saat baru belajar menyusui. Semakin lama nantinya ibu dan bayi akan makin lancar menyusui. Kapan pun ada masalah menyusui segera berkonsultasi dengan Konselor Menyusui berkompeten.

Breastfeeding isn’t just woman job.

Ibu tidak sendiri. Minta bantuan konselor menyusui, tenaga kesehatan juga keluarga untuk mendampingi proses menyusui.

Baca juga: Pantau Kurva Pertumbuhan Bayi

Informasi berikut akan membantu ibu:

  • Posisi Menyusui Bayi (link).
  • Cara Menopang Payudara (link).
  • Pelekatan Menyusui Bayi (link).
  • Pola Menyusui Bayi (link)
  • Mengetahui Tanda Bayi Lapar (link).
  • Mengetahui Tanda Bayi Menelan ASI (link).
  • Mengetahui Tanda Bayi Kenyang (link).
  • Mengetahui Tanda Kecukupan Asupan ASI (link).

Pastikan ibu dan keluarga harus mengetahui tentang beberapa poin berikut saat pulang dari tempat melahirkan (link)

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.