ASI

Permasalahan Menyusui

PERMASALAHAN MENYUSUI

ASI merupakan standard baku emas pilihan pertama asupan bayi baru lahir. Menyusui terbukti memberi manfaat positif bagi kehidupan. Menyusui merupakan cara pemberian makan paling alamiah, namun menyusui juga sebuah proses tidak instan yang harus dipelajari sebagaimana ketrampilan hidup lainnya. Angka menyusui di Indonesia maupun seluruh dunia masih rendah, belum mencapai target dan tidak banyak perubahan selama dua dekade. 

Sejumlah kecil ibu memang tidak bisa menyusui dengan alasan indikasi kesehatan. Namun sebagian besar ibu gagal/tidak bisa menyusui bayi sesuai keinginannya karena tidak tahu caranya dan tidak mendapatkan dukungan menyusui. Banyak ibu menyapih dini juga gagal menyusui sebab mengalami masalah dalam pemberian ASI. Padahal pada banyak kondisi sebenarnya masalah menyusui bisa diatasi jika ibu mendapatkan dukungan menyusui yang tepat.

1543042033035

Beberapa contoh permasalahan menyusui akibat kondisi bayi:

Beberapa contoh permasalahan menyusui akibat kondisi ibu

Lima prinsip solusi dikala menyusui terasa sulit:

  1. Pastikan bayi mendapatkan asupan yang dibutuhkan supaya tetap sehat
  2. Pastikan payudara diperah supaya produksi ASI tetap lancar
  3. Pastikan bayi berada di dekat ibu supaya mudah belajar menyusui selama memungkinkan untuk tinggal bersama
  4. Pastikan ibu mendapat dukungan positif supaya bisa memantapkan menyusui: suami, keluarga, tenaga kesehatan, teman dan konselor menyusui
  5. Pastikan tetap menjaga kesehatan

Baca juga: Pentingnya pemberian ASI Eksklusif

Sebagian besar ibu di Indonesia masih mau menyusui bayinya. Anda bisa bertanya kepada para ibu hamil dan ibu baru melahirkan, sebagian besar akan menjawab ingin menyusui anaknya. Terbukti sekitar 9 dari 10 ibu di Indonesia menyusui bayinya saat lahir. Sayang hanya sekitar 4 dari 10 bayi di bawah 6 bulan yang dapat ASI eksklusif, hanya sekitar 5 dari 10 bayi yang masih disusui di tahun kedua (link). Tantangan menyusui di negri ini memang luar biasa besar, padahal menyusui dilindungi oleh Negara. Banyak masalah menyusui sebenarnya bisa dicari solusinya sehingga ibu tidak perlu menyapih dini. 

Disisi lain, Indonesia menghadapi triple burden of disease. Pemantauan Status Gizi (PSG) 2017 menunjukkan prevalensi balita stunting di Indonesia masih tinggi, yakni 29,6% di atas batasan yang ditetapkan WHO (20%) dan balita kurus/wasting 9,5%. Sebanyak 7,8 juta anak Indonesia mengalami kurang gizi. Disisi lain 10,8% anak mengalami obesitas (link). Faktor kekurangan gizi berkontribusi menyebabkan 45% kematian anak di seluruh Indonesia (link). Sekitar 150.000 balita meninggal setiap tahun di Indonesia dengan banyak penyebab yang sebenarnya bisa dicegah (link).

Beberapa langkah sederhana ini bisa menurunkan angka kematian anak link :

  1. Pemberian ASI eksklusif
  2. Pemberian nutrisi adekuat
  3. Imunisasi menggunakan vaksin yang terbukti secara ilmiah mencegah penyakit
  4. Akses makanan dan air bersih
  5. Menjaga lingkungan bersih sehat bebas polusi

“Breastfeeding isn’t just a woman job.”

Kurangnya dukungan menyusui mengakibatkan banyak kerugian bagi sebuah keluarga, bangsa dan negara. The investment case shows that in five of the world’s largest emerging economies—China, India, Indonesia, Mexico and Nigeria—the lack of investment in breastfeeding results in an estimated 236,000 child deaths per year and US$119 billion in economic losses (link). Mendukung menyusui merupakan salah satu investasi terbaik dari negara demi kesehatan anggota rakyatnya yang paling muda dan demi masa depan lebih baik di sosial-ekonomi kemasyarakatan.

Ibu memang yang memproduksi ASI, namun keberhasilan menyusui butuh bantuan semua pihak. Menyusui terbukti beri banyak manfaat positif bagi dunia kita, di masa kini dan masa depan.

1542672946145.jpg

Minta bantuan konselor menyusui, tenaga kesehatan juga keluarga untuk mendampingi proses menyusui. Ibu tidak sendiri. Segera periksa konsultasi bersama konselor menyusui dan tenaga kesehatan berkompeten kapan pun ibu mendapat permasalahan menyusui sehingga bisa mendapatkan bantuan untuk tetap lancar menyusui bayi sesuai kondisi.

Dukungan menyusui berkelanjutan sesuai kondisi bisa memfasilitasi banyak ibu mewujudkan keinginan dan berhasil mendapatkan pengalaman menyusui menyenangkan.

Informasi berikut akan membantu ibu:

Pastikan ibu dan keluarga harus mengetahui tentang beberapa poin berikut saat pulang dari tempat melahirkan (link)

Mari bersama mendukung menyusui!

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

 

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.