PERKEMBANGAN KEHAMILAN DI TRIMESTER TIGA: BULAN KESEMBILAN

Perkembangan Kehamilan Di Trimester Tiga: Bulan Kesembilan Kehamilan

Usia Kehamilan 33 Minggu

Pada bulan ini janin tubuh janin sudah sempurna seperti bayi manusia dan bertumbuh sangat pesat. Berat badannya bertambah 250 gram dalam satu minggu. Paru-paru sudah semakin matang. Ukuran kepala janin bertambah cepat karena otaknya terus berkembang. Janin sudah bisa mendengar, merasa, meraba dan merespons cahaya dalam batas tertentu. Kemampuan tidur janin sudah menyerupai bayi. Lapisan lemak semakin tebal sehingga tubuhnya makin gemuk berisi. Pengerasan pada bagian tulang makin sempurna kecuali pada beberapa bagian di persendian tengkorak untuk membantu kepala lahir. Panjangnya saat ini sekitar 42 cm dan beratnya sekitar 2 – 2,3 kg.

Usia Kehamilan 34 Minggu

Pada minggu ini lapisan vernix caseosa semakin tebal. Sebagian besar rambut lanugo sudah menghilang. Perilaku janin sudah menyerupai bayi. matanya akan terbuka saat bangun dan tertutup saat tidur. Janin memiliki wwaktu rutin untuk tertidur dan terjaga. Posisi kepala sudah di bawah. Pada kehamilan pertama bahkan mungkin posisi kepala sudah memasuki rongga panggul. Ukuran tubuh janin sekitar 44,5 cm dan beratnya sekitar 2,3 – 2,5 kg.

Usia Kehamilan 35 Minggu

Pada minggu ini lapisan lemak terbentuk semakin banyak di tubuh janin. Ginjal sudah bekerja sempurna. Liver sudah mampu melakukan detoksifikasi untuk menetralkan racun. Ukuran tubuh janin sudah semakin besar sehingga gerakannya mungkin menjadi terbatas dan ibu merasakan sedikit gerakan. Namun, ibu tetap bisa merasakan sensasi gerakan peregangan, gelombang dan goyangan. Jika gerakan janin kurang dari 10 kali dalam 2 jam segera laporkan pada bidan/dokter. Ukuran panjang tubuh janin sekitar 43,2-45,7 cm dan beratnya sekitar 2,5-2,7 kg.

Usia Kehamilan 36 Minggu

Badan janin sudah semakin besar, tidak seperti alien lagi dan tidak pula keriput. Janin semakin gendut dengan wajah kecilnya yang bulat akibat deposit lemak di tubuhnya. Minggu ini menjadi minggu terakhir di bulan ke-9 kehamilan. Janin sudah turun mendekat ke jalan lahir. Berat badan janin sekitar 2,6 – 3,1 kg dengan ukuran panjangnya sekitar 44,4 – 48,3 cm.

Ukuran tubuh janin ini hanya sebagai gambaran umum dan bisa terdapat perbedaan. Lakukan kontrol kehamilan secara rutin untuk memantau kesehatan tumbuh kembang janin juga kehamilan.

Perubahan Tubuh Ibu Pada Bulan Kesembilan Kehamilan

Tubuh ibu bekerja keras di bulan ini untuk mempersiapkan persalinan. Tubuh janin semakin besar sehingga tidur ibu mulai tidak nyenyak. Badan mudah pegal karena otot bekerja keras membawa beban tubuh janin yang makin besar. Ibu mudah lelah. Rahim akan mendesak posisi diafragma sehingga letaknya mendesak posisi paru-paru. Kondisi ini menyebabkan nafas ibu semakin terasa sulit. Jika posisi bayi sudah pindah masuk panggul biasanya pernafasan menjadi lebih lega. Payudara telah mencapai ukuran maksimal. Kelenjar Montgomery di sekitar areola semakin tampak jelas.

Posisi janin biasanya mulai mencari jalan lahir dengan kepala ke bawah kemudian tangan dan kaki melipat di dadanya. Posisi ini membuat ibu merasa lebih ringan sehingga disebut “lightening”. Keluhan dada terasa panas akibat refluks asam lambung biasanya menjadi berkurang atau membaik. Nafsu makan ibu menjadi lebih enak. Nafas lebih nyaman. Ibu menjadi lebih sering kencing juga terkencing-kencing ketika tertawa, batuk atau bersin.

Jaringan ikat semakin rengang dan elastis. Persendian panggul menjadi lebih rileks untuk mempersiapkan proses kelahiran. Nyeri panggul atau nyeri pinggang terkadang masih dikeluhkan oleh beberapa ibu. Serviks rahim mulai berdilatasi. Terkadang ibu merasakan sensasi nyeri tajam di vagina. Bedakan nyeri di vagina dengan nyeri di perut bagian bawah. Konsultasikan kepada dokter jika ibu merasa tidak nyaman  

Rahim masih mengalami kontraksi palsu yang disebut kontraksi Braxton-Hicks. Kontraksi Braxton-Hicks ini muncul jarang, tidak teratur, bervariasi dalam durasi maupun intensitas, tidak terasa sakit, hanya terasa sensasi memeras di dekat ujung bagian atas rahim atau di perut bagian bawah serta kemaluan. Kontraksi Braxton-Hicks tidak menyebabkan pembukaan serviks rahim. Sementara kontraksi persalinan biasanya teratur, semakin terasa sering, makin kuat dan makin lama durasinya. Kontraksi persalinan biasanya menyebar ke seluruh perut dan pinggang. Konsultasikan pada bidan/dokter saat ibu khawatir dengan tanda persalinan palsu ini. Berat badan ibu selama kehamilan ini bisa bertambah 12 kg.

Lakukan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi seimbang, minum vitamin kehamilan yang mengandung asam folat, zat besi, juga kalsium. Jika tidak ada kontraindikasi medis, olahraga ringan juga senam hamil dibawah bimbingan instruktur yang berpengalaman sesuai anjuran tenaga kesehatan bisa membantu ibu supaya lebih prima. Hati-hati saat berolahraga sebab persendian semakin renggang. Lakukan senam kegel untuk memperkuat otot lantai dasar panggul, pijat perineum supaya lentur, serta olahraga untuk memperkuat punggung dan panggul. Periksa kontrol kehamilan secara rutin di tenaga kesehatan yang berkompeten.

 




PENGETAHUAN UMUM BAGI SEMUA

WASPADA PADA KELUHAN BERIKUT INI

Jika ibu mengalami keluhan berikut ini, atau merasa khawatir dengan kondisi selama masa kehamilan sebaiknya segera pergi periksa ke tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan:

  • Perdarahan dari vagina meski hanya sekedar keluar bercak darah (flek darah)
  • Cairan keluar dari vagina yang dikhawatirkan air ketuban keluar sebelum waktunya
  • Nyeri perut
  • Gangguan kencing seperti terasa panas atau nyeri saat kencing
  • Keputihan yang berbau
  • Pusing, kepala terasa ringan atau seperti mau pingsan
  • Muntah terus-menerus dan tidak mau makan
  • Pandangan kabur
  • Demam tinggi
  • Bengkak tiba-tiba pada kaki, tangan dan/atau wajah
  • Sakit kepala terus-menerus
  • Kejang
  • Janin dirasakan kurang bergerak dibandingkan sebelumnya setelah umur kehamilan 19 minggu
  • Demam, menggigil dan berkeringat dimana pada ibu hamil yang tinggal di daerah endemis malaria bisa jadi sebagai salah satu tanda awal gejala infeksi malaria
  • Batuk, terutama jika batuk lama lebih dari 2 minggu
  • Jantung berdebar-debar atau nyeri di dada
  • Diare berulang
  • Sulit tidur dan cemas berlebihan
  • Terjadi kondisi gawat darurat lainnya
LAKUKAN KONTROL PERIKSA KEHAMILAN SECARA TERATUR. SETIAP IBU HARUS MELAHIRKAN DI FASILITAS KESEHATAN YANG AMAN DENGAN PENDAMPINGAN TENAGA KESEHATAN YANG BERKOMPETEN. MARI BERSAMA BERGANDENGAN TANGAN DEMI PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN IBU DAN ANAK YANG LEBIH BAIK.

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s