PERKEMBANGAN KEHAMILAN DI TRIMESTER SATU: BULAN KETIGA

Perkembangan Kehamilan Di Trimester Satu: Bulan Ketiga Kehamilan

Usia Kehamilan 9 Minggu

Mulai sekarang embrio disebut sebagai fetus atau janin. Bentuk tubuh janin sudah menyerupai manusia meskipun proporsi ukuran kepala dibanding badan masih lebih besar. Ekor embrionik mulai menyusut sehingga tidak terlihat. Kelopak mata terbentuk sempurna meski mata masih menutup. Daun telinga masih kecil. Hidung beserta lubangnya, mulut, dan calon gigi makin berkembang. Semua persendian telah terbentuk sehingga janin bisa bergerak bebas di dalam ketuban. Jantung berdetak sepanjang waktu selama 24 jam.  Ruang-ruang di jantung telah terbagi menjadi empat dan katupnya mulai terbentuk. Saluran pencernaan makin berkembang dengan usus yang makin panjang juga pembentukan anus. Tangan mampu menggenggam dan janin mulai akan menghisap jempolnya. Ibu mungkin penasaran dengan jenis kelaminnya namun saat ini belum terlihat perbedaan antara laki-laki atau perempuan meski organ genitalia bagian luar mulai terbentuk. Testis dan ovarium mulai terbentuk di minggu 9 ini. Ukuran panjang tubuhnya sekitar 16 – 18 milimeter dengan berat 3 gram.

Usia Kehamilan 10 Minggu

Pada minggu ini organ vital bayi telah terbentuk dan mulai bekerja. Semua organ telah terbentuk kemudian memasuki tahapan perkembangan berikutnya untuk semakin matang berfungsi. Ekor menghilang. Jari-jemari mulai terpisah. Persendian di tangan dan kaki bisa menekuk. Kuncup bakal gigi terbentuk. Pada janin laki-laki testisnya mulai memproduksi testosteron. Cacat bawaan sudah jarang muncul setelah minggu ini. Janin mulai berlatih menelan menggunakan air ketuban. Ginjal, usus, otak dan liver mulai bekerja. Detak jantung janin bisa terdengar melalui pemeriksaan memakai stetoskop Doppler.

Usia Kehamilan 11 Minggu

Tulang semakin mengeras. Kuncup calon gigi makin terlihat jelas. Pembentukan wajah terus berlangsung. Telinga bergerak mendekati posisi seharusnya. Jari-jemari telah terpisah sempurna. Tangan sebentar lagi bisa melakukan gerakan membuka-menutup genggaman. Kulit masih transparan. Organ kelamin luar makin tampak tapi masih belum bisa dibedakan dengan jelas. Gerakannya sudah sangat aktif namun ibu belum bisa merasakan. Ukuran panjang tubuhnya sekitar 5 – 6,35 cm dengan proporsi besar ukuran kepala hingga separuh panjang keseluruhan badannya.

Usia Kehamilan 12 Minggu

Pada minggu ini gerakan refleks berkembang pesat. Jari-jemari segera bisa membuka-tutup, jempol mulai menekuk, otot mata berkontraksi dan otot mulut bisa melakukan gerakan menghisap. Usus mulai bergerak ke tempatnya di rongga perut. Ginjal mulai bisa memproduksi urin. Sel saraf berkembang cepat dengan pembentukan sinaps yang sangat pesat di otak. Mata dan daun telinga bergerak ke posisinya. Janin makin tampak seperti bayi manusia sesungguhnya. Ukuran panjang tubuhnya sekitar 8 cm dengan berat 28 gram.

Ukuran tubuh janin ini hanya sebagai gambaran umum dan bisa terdapat perbedaan. Lakukan kontrol kehamilan secara rutin untuk memantau kesehatan tumbuh kembang janin juga kehamilan.

Perubahan Tubuh Ibu Pada Bulan Ketiga Kehamilan

Pada trimester satu ini tenaga kesehatan akan menyarankan ibu melakukan pemeriksaan skrining yang diperlukan.

Badan ibu mulai berubah. Lambat laun perut mulai bertambah besar meski mungkin tidak begitu terlihat sebagai orang hamil. Pinggang terasa sesak sehingga memakai baju sempit sudah mulai terasa tidak nyaman. Perubahan perasaan yang tidak stabil. Badan terasa mudah capek, kepala pusing, malas makan atau justru mengidam makanan tertentu.

Ibu jadi sering kencing (namun perhatikan jika ada keluhan infeksi saluran kencing sebaiknya segera periksa ke dokter). BAB terganggu akibat sembelit. Mual-muntah akibat morning sickness masih menghantui sehingga terkadang membuat ibu frustasi. Beberapa ibu mengeluh perut perih, dada terasa panas dan sering kembung. Makan porsi kecil dengan frekuensi yang lebih sering bisa membantu mengatasi.

Baca: tips mengatasi mual muntah tak berselera makan saat hamil

Kehamilan bukan selalu pengalaman yang buruk kok. Di akhir trimester satu biasanya morning sickness mulai berkurang dan badan terasa lebih enakan. Nafsu makan ibu sudah kembali normal sehingga bisa makan dengan lebih lahap dibanding minggu-minggu awal kehamilan kemarin. Hormon kehamilan membuat kulit ibu lebih cerah merona dengan rambut tumbuh subur dan lebih lebat. Pada bagian kulit tertentu tampak lebih gelap seperti di areola sekitar puting, muncul bercak-bercak hitam (chloasma) di wajah dan garis gelap linea nigra di tengah perut. Garis-garis stretch mark pun mulai tampak di perut, pangkal paha, bokong dan payudara.

Lakukan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi seimbang, minum vitamin kehamilan yang mengandung asam folat dan jangan lupa untuk pemeriksaan prenatal supaya sehat. Ibu mungkin saat ini mulai merasa sesak dengan pakaian yang ada. Berat badan bertambah sekitar 1 – 2 kilogram. Sekarang saatnya membeli bra baru sebab payudara sudah bertambah besar. Pilih pakaian longgar yang nyaman digunakan. Olahraga ringan secara rutin bisa membantu ibu supaya lebih prima. Periksa kontrol kehamilan secara rutin di tenaga kesehatan yang berkompeten.




PENGETAHUAN UMUM BAGI SEMUA

WASPADA PADA KELUHAN BERIKUT INI

Jika ibu mengalami keluhan berikut ini, atau merasa khawatir dengan kondisi selama masa kehamilan sebaiknya segera pergi periksa ke tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan:

  • Perdarahan dari vagina meski hanya sekedar keluar bercak darah (flek darah)
  • Cairan keluar dari vagina yang dikhawatirkan air ketuban keluar sebelum waktunya
  • Nyeri perut
  • Gangguan kencing seperti terasa panas atau nyeri saat kencing
  • Keputihan yang berbau
  • Pusing, kepala terasa ringan atau seperti mau pingsan
  • Muntah terus-menerus dan tidak mau makan
  • Pandangan kabur
  • Demam tinggi
  • Bengkak tiba-tiba pada kaki, tangan dan/atau wajah
  • Sakit kepala terus-menerus
  • Kejang
  • Janin dirasakan kurang bergerak dibandingkan sebelumnya setelah umur kehamilan 19 minggu
  • Demam, menggigil dan berkeringat dimana pada ibu hamil yang tinggal di daerah endemis malaria bisa jadi sebagai salah satu tanda awal gejala infeksi malaria
  • Batuk, terutama jika batuk lama lebih dari 2 minggu
  • Jantung berdebar-debar atau nyeri di dada
  • Diare berulang
  • Sulit tidur dan cemas berlebihan
  • Terjadi kondisi gawat darurat lainnya
LAKUKAN KONTROL PERIKSA KEHAMILAN SECARA TERATUR. SETIAP IBU HARUS MELAHIRKAN DI FASILITAS KESEHATAN YANG AMAN DENGAN PENDAMPINGAN TENAGA KESEHATAN YANG BERKOMPETEN. MARI BERSAMA BERGANDENGAN TANGAN DEMI PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN IBU DAN ANAK YANG LEBIH BAIK.

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s