PERKEMBANGAN KEHAMILAN DI TRIMESTER DUA: BULAN KELIMA

Perkembangan Kehamilan Di Trimester Dua: Bulan Kelima Kehamilan

Usia Kehamilan 17 Minggu

Proses osifikasi pada tulang keras makin sempurna. Plasenta berkembang sehingga mampu memenuhi kebutuhan bayi, tali pusat makin tebal dan kuat. Kelenjar keringat mulai tumbuh. Ukuran panjang tubuh janin sekitar 14,5 cm dan beratnya sekitar 110 gram.

Usia Kehamilan 18 Minggu

Saat ini teliga janin berada di posisi yang sudah sama dengan kita juga mulai bisa mendengar. Suara jantung, debur udara pernapasan, aliran darah dan bunyi usus ibu merupakan suara pertama yang didengar oleh janin. Janin juga bisa mendengar suara keras dari dunia luar. Janin semakin lancar menelan. Mulai saat ini janin akan menelan sejumlah cairan ketuban setiap hari. Myelinisasi di persarafan dimulai. Retina mata berkembang semakin sempurna. Tulang meskipun masih lembut namun osifikasinya semakin banyak. Rahim dan tuba fallopii mulai berkembang ditempatnya. Alat kelamin bayi laki-laki mulai jelas terlihat melalui pemeriksaan USG jika ibu beruntung bisa melihatnya. Panjang tubuh janin sekitar 16 cm dan beratnya 160 gram.

Usia Kehamilan 19 Minggu

Pada minggu 19 ini kulit bayi mulai tertutupi oleh selapis tipis lemak putih licin yang disebut vernix caseosa. Vernix akan melindungi tubuh janin tetap lembut, terjaga dari luka goresan dan merekah. Dibawah vernix tumbuh rambut lanugo yang menutupi kulit janin. Ginjal mulai bisa bekerja sehingga janin akan mengeluarkan air kencing ke cairan ketuban. Telinga sudah berkembang sempurna sehingga janin bisa mendengarkan berbagai suara termasuk suara ibu. Otak sudah bekerja dengan baik sehingga janin bisa melakukan berbagai gerakan, baik yang tidak disengaja maupun yang disengaja. Ibu akan bisa merasakan gerakan-gerakan halus janin di dalam rahim. Ukuran panjang tubuh janin sekitar 17,8 cm dan beratnya sekitar 200 gram.

Usia Kehamilan 20 Minggu

Pada minggu 20 ini kulit bayi tumbuh-berkembang semakin tebal dengan lapisan epidermis dan endodermis. Rambut, alis dan kuku telah berkembang dengan baik. Janin telah semakin menyerupai rupa seorang bayi. Pada pertengahan kehamilan ini gerakan janin semakin kuat sehingga ibu bisa merasakan dengan jelas. Kadangkala ibu merasakan sensasi gerakan halus dan ritmik di perut ketika janin mengalami cegukan. Ukuran panjang tubuh janin saat ini sekitar 19.7 cm dan beratnya sekitar 260 gram.

Ukuran tubuh janin ini hanya sebagai gambaran umum dan bisa terdapat perbedaan. Lakukan kontrol kehamilan secara rutin untuk memantau kesehatan tumbuh kembang janin juga kehamilan.

Perubahan Tubuh Ibu Pada Bulan Kelima Kehamilan

Pada bulan ini hormon kehamilan semakin meningkat sehingga memperngaruhi janin juga sistem organ tubuh ibu. Kadar progesteron pada lima bulan pertama kehamilan lebih tinggi dibandingkan estrogen. Pada bulan ini ibu akan merasakan gerakan pertama janin. gerakan pertama ini disebut “quickening”. Ibu akan merasa seperti ada kupu-kupu terbang menari di dalam perut. Catat tanggal ibu merasakan gerakan pertama janin untuk dilaporkan kepada dokter/bidan saat kunjungan pemeriksaan antenatal.

Perasaan ibu akan campur aduk antara rasa haru dan bahagia. Mulai saat ini ibu merasa kehadiran janin semakin nyata. Ikatan perasaan mulai menguat sehingga ibu merasa bisa terhubung lebih erat dengan calon buah hati. Seseorang yang telah membuat ibu jatuh cinta bahkan meski belum pernah berjumpa.

Keluhan kehamilan masih serupa dengan bulan sebelumnya. Terjadi pertambahan darah dimana plasma bertambah lebih cepat dibanding sel darah merah. Jangan lupa minum suplemen zat besi yang diresepkan oleh tenaga kesehatan. Tekanan darah ibu terkadang menjadi rendah. Untuk mengkompensasinya maka jantung bekerja lebih cepat dan lebih keras sehingga ibu sering merasa pusing, sakit kepala bahkan ingin pingsan. Hidung tersumbat, mimisan dan gusi rentan berdarah. Kapasitas paru-paru meningkat sehingga nafas ibu terasa lebih cepat dan pendek-pendek.

Payudara membesar hingga naik dua ukuran akibat perkembangan kelenjar susu serta pertambahan aliran darah. Rahim bertambah besar akibat pertamabahan ukuran janin dan plasenta. Plasenta saat ini tebalnya sekitar 2,5 cm. Pembesaran rahim meningkatkan tekanan dalam perut sehingga dada terasa panas akibat refluks asam lambung, sulit buang air besar akibat sembelit dan ibu sering kencing. Lendir vagina lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil dengan lendir encer, putih dan tidak berbau menyengat.  Risiko infeksi saluran kencing dan vagina masih mengintai sehingga selalu jaga kebersihan juga segera periksa ke dokter jika ada keluhan. Persendian menjadi renggang dan elastis sehingga nyeri pinggang dan panggul terkadang makin sering menghampiri.

Pertambahan total berat badan ibu saat ini bisa sekitar 5 kilogram. Lakukan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi seimbang, minum vitamin kehamilan yang mengandung asam folat dan jangan lupa untuk pemeriksaan prenatal supaya sehat. Jika tidak ada kontraindikasi medis, olahraga ringan juga senam hamil dibawah bimbingan instruktur yang berpengalaman sesuai anjuran tenaga kesehatan bisa membantu ibu supaya lebih prima. Periksa kontrol kehamilan secara rutin di tenaga kesehatan yang berkompeten.

 

 




 

PENGETAHUAN UMUM BAGI SEMUA

WASPADA PADA KELUHAN BERIKUT INI

Jika ibu mengalami keluhan berikut ini, atau merasa khawatir dengan kondisi selama masa kehamilan sebaiknya segera pergi periksa ke tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan:

  • Perdarahan dari vagina meski hanya sekedar keluar bercak darah (flek darah)
  • Cairan keluar dari vagina yang dikhawatirkan air ketuban keluar sebelum waktunya
  • Nyeri perut
  • Gangguan kencing seperti terasa panas atau nyeri saat kencing
  • Keputihan yang berbau
  • Pusing, kepala terasa ringan atau seperti mau pingsan
  • Muntah terus-menerus dan tidak mau makan
  • Pandangan kabur
  • Demam tinggi
  • Bengkak tiba-tiba pada kaki, tangan dan/atau wajah
  • Sakit kepala terus-menerus
  • Kejang
  • Janin dirasakan kurang bergerak dibandingkan sebelumnya setelah umur kehamilan 19 minggu
  • Demam, menggigil dan berkeringat dimana pada ibu hamil yang tinggal di daerah endemis malaria bisa jadi sebagai salah satu tanda awal gejala infeksi malaria
  • Batuk, terutama jika batuk lama lebih dari 2 minggu
  • Jantung berdebar-debar atau nyeri di dada
  • Diare berulang
  • Sulit tidur dan cemas berlebihan
  • Terjadi kondisi gawat darurat lainnya
LAKUKAN KONTROL PERIKSA KEHAMILAN SECARA TERATUR. SETIAP IBU HARUS MELAHIRKAN DI FASILITAS KESEHATAN YANG AMAN DENGAN PENDAMPINGAN TENAGA KESEHATAN YANG BERKOMPETEN. MARI BERSAMA BERGANDENGAN TANGAN DEMI PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN IBU DAN ANAK YANG LEBIH BAIK.

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s