PERKEMBANGAN KEHAMILAN DI TRIMESTER DUA: BULAN KEEMPAT

Perkembangan Kehamilan Di Trimester Dua: Bulan Keempat Kehamilan

Usia Kehamilan 13 Minggu

Minggu ke-13 ini sudah memasuki bulan keempat kehamilan namun beberapa referensi memasukkannya pada trimester pertama. Pada minggu ini semua organ mayor telah terbentuk dan berfungsi. Hati sudah mensekresi empedu, pankreas mulai mensekresi insulin. Ginjal dan sistem urinarius bekerja sempurna sehingga cairan ketuban yang tertelan bisa dikeluarkan sebagai urin. Pita suara terbentuk dan jantung sudah sempurna. Jari tangan dan kaki sudah tidak berselaput. Bantalan calon kuku mulai muncul. Sidik jari yang unik mulai terbentuk. Ukuran proporsi kepala dibanding badan mulai berkurang jadi sepertiga. Rambut-rambut halus lanugo mulai menutupi seluruh permukaan kulitnya. Ukuran panjang tubuh janin sekitar 9,5 cm dengan berat sekitar 35 gram.

Usia Kehamilan 14 Minggu

Janin saat ini sudah bisa meringis, cemberut, berkedip, kencing dan mungkin bahkan menghisap jempolnya. Kemampuan otot wajah bergerak semakin banyak. Organ kelamin sudah berkembang penuh. Kelenjar tiroidnya memproduksi hormon tiroid. Tangan dan kaki bertambah panjang. Ukuran panjang tubuh janin sekitar 9-10 cm dan beratnya sudah sekitar  50 gram.

Usia Kehamilan 15 Minggu

Ukuran panjang kaki sudah melebihi panjang tangan. Janin belajar bernafas dengan menghirup air ketuban disekitarnya untuk membantu perkembangan saccus alveolus di paru. Seluruh persendian tangan dan kaki sudah bisa digerakkan. Mata sudah berkembang sehingga bola mata mampu merasakan cahaya. Kelopak mata masih menutup. Kuncup perasa di lidah mulai tumbuh berkembang. Jika beruntung maka jenis kelamin sudah mulai bisa dilihat pada pemeriksaan USG. Ukuran panjang tubuh janin sekitar 12 cm dan beratnya sekitar 57 gram.

Usia Kehamilan 16 Minggu

Bulu rambut, alis dan bulu mata mulai tumbuh. Ekspresi pada wajah sudah lebih bervariasi. Janin sudah bisa mengangkat kepala untuk tegak. Kaki semakin berkembang. Kuku kaki mulai tumbuh. Plasenta saat ini makin berkembang dan cairan ketuban makin bertambah. Terjadi percepatan pertumbuhan sehingga berat janin bertambah dua kali lipat menjadi sekitar 70 gram dan panjang tubuhnya sekitar 13 – 15 cm.

Ukuran tubuh janin ini hanya sebagai gambaran umum dan bisa terdapat perbedaan. Lakukan kontrol kehamilan secara rutin untuk memantau kesehatan tumbuh kembang janin juga kehamilan.

Perubahan Tubuh Ibu Pada Bulan Keempat Kehamilan

Selamat akhirnya ibu memasuki trimester kedua. Trimester kedua seringkali disebut sebagai periode emas dalam kehamilan. Istilah ini cocok karena keluhan awal kehamilan mulai menghilang kemudian rasa tidak nyaman di trimester ketiga belum terasa. Risiko keguguran berkurang banyak dan pengalaman-pengalaman indah pun mulai muncul.

Volume darah sirkulasi pada sistem peredaran darah ibu terus bertambah. Kondisi ini menyebabkan terjadinya tekanan darah rendah dan konsentrasi sel darah merah menurun. Kecukupan asupan zat besi sangat penting supaya mencegah anemia. Peningkatan cairan ini juga menyebabkan hidung mudah tersumbat serta mengalami mimisan. Gusi juga mudah berdarah saat ibu menyikat gigi.

Sangkar tulang iga semakin membesar menyesuaikan kehamilan hingga kelilingnya bertambah 5 – 7,5 cm untuk membantu pergerakan paru. Gerakan peristaltik saluran pencernaan menjadi lambat akibat pengaruh hormon kehamilan. Tujuannya supaya penyerapan nutrisi berjalan semakin sempurna. Hal ini menyebabkan banyak ibu mengeluhkan refluks asam lambung sehingga dada terasa panas. Ibu juga sulit buang air besar hingga mengalami sembelit dan bahkan ambeien.

Pada bulan ini perut ibu mulai terlihat membesar bahkan pusar jadi menonjol akibat perubahan ukuran rahim. Rahim semakin bertambah besar, berat, lebih tinggi dan menonjol ke depan. Organ di dalam perut akan terdesak oleh rahim sehingga menekan ligament persendian dan otot. Terkadang ibu menjadi merasa nyeri di perut bagian bawah dan mudah pegal. Rahim juga menekan pembuluh darah besar di perut yang mengalirkan darah ke kaki sehingga ibu lebih rentan mengalami kram kaki, terlebih saat malam hari.

Perubahan hormon bisa mempengaruhi kondisi perasaan ibu. Kadang membuat ibu merasa khawatir atau takut, meski tentu saja sebenarnya ibu berbahagia dengan kehamilan yang ada. Bicarakan kondisi ini bersama pasangan, orang yang ibu percaya atau tenaga kesehatan. Beberapa ibu mengeluh hamil membuat mereka sulit berkonsentrasi, pelupa, lalai dan kikuk. Tidur malam terkadang terasa sulit. Tidur dengan posisi miring biasanya terasa lebih nyaman ketika perut sudah makin besar.

Rahim menekan saluran kencing sehingga aliran urin ibu menjadi terganggu. Kondisi ini juga bersamaan dengan adanya kadar glukosa lebih tinggi di urin sehingga ibu lebih rentan mengalami infeksi saluran kencing. Kehamilan memang membuat ibu lebih sering kencing dibanding biasanya. Namun jika ibu sering kencing disertai rasa sakit atau tidak nyaman saat kencing apalagi dengan gejala demam maka segera periksakan ke dokter. Hormon kehamilan juga menyebabkan selaput lendir vagina memproduksi lebih banyak lendir sehingga ibu merasa kurang nyaman. Lendir vagina normalnya encer berwarna putih jernih. Jika ibu mengeluhkan lendir vagina berwarna kekuningan atau kehijauan disertai kemerahan, gatal dan iritasi pada vulva kemaluan sebaiknya segera periksa ke dokter.

Lakukan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi seimbang, minum vitamin kehamilan yang mengandung asam folat dan jangan lupa untuk pemeriksaan prenatal supaya sehat. Jika tidak ada kontraindikasi medis, olahraga ringan secara rutin bisa membantu ibu supaya lebih prima. Ibu bisa memulai untuk melakukan senam hamil dibawah bimbingan instruktur yang berpengalaman sesuai anjuran tenaga kesehatan. Pada kenaikan berat badan ibu sekitar setengah kilogram setiap minggu atau 2 kilogram dalam satu bulan ini. Periksa kontrol kehamilan secara rutin di tenaga kesehatan yang berkompeten.

 

 




 

PENGETAHUAN UMUM BAGI SEMUA

WASPADA PADA KELUHAN BERIKUT INI

Jika ibu mengalami keluhan berikut ini, atau merasa khawatir dengan kondisi selama masa kehamilan sebaiknya segera pergi periksa ke tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan:

  • Perdarahan dari vagina meski hanya sekedar keluar bercak darah (flek darah)
  • Cairan keluar dari vagina yang dikhawatirkan air ketuban keluar sebelum waktunya
  • Nyeri perut
  • Gangguan kencing seperti terasa panas atau nyeri saat kencing
  • Keputihan yang berbau
  • Pusing, kepala terasa ringan atau seperti mau pingsan
  • Muntah terus-menerus dan tidak mau makan
  • Pandangan kabur
  • Demam tinggi
  • Bengkak tiba-tiba pada kaki, tangan dan/atau wajah
  • Sakit kepala terus-menerus
  • Kejang
  • Janin dirasakan kurang bergerak dibandingkan sebelumnya setelah umur kehamilan 19 minggu
  • Demam, menggigil dan berkeringat dimana pada ibu hamil yang tinggal di daerah endemis malaria bisa jadi sebagai salah satu tanda awal gejala infeksi malaria
  • Batuk, terutama jika batuk lama lebih dari 2 minggu
  • Jantung berdebar-debar atau nyeri di dada
  • Diare berulang
  • Sulit tidur dan cemas berlebihan
  • Terjadi kondisi gawat darurat lainnya
LAKUKAN KONTROL PERIKSA KEHAMILAN SECARA TERATUR. SETIAP IBU HARUS MELAHIRKAN DI FASILITAS KESEHATAN YANG AMAN DENGAN PENDAMPINGAN TENAGA KESEHATAN YANG BERKOMPETEN. MARI BERSAMA BERGANDENGAN TANGAN DEMI PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN IBU DAN ANAK YANG LEBIH BAIK.

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s