PERKEMBANGAN KEHAMILAN DI AKHIR TRIMESTER KETIGA KEHAMILAN

Perkembangan Kehamilan Di Akhir Trimester Ketiga Kehamilan

Jumlah hari dalam satu bulan juga tidak selalu sama di kalender yaitu rata-rata sekitar 30,4 hari dan 4,3 minggu. Kemudian pemakaian perhitungan kalender matahari dan kalender lunar akan menyebabkan perbedaan pada jumlah lama bulan kehamilan. Sementara itu dalam pembahasan di website ini kami memakai patokan 1 bulan genap 4 minggu sehingga kehamilan berlangsung selama lebih dari 9 bulan.

Pada realitanya usia kehamilan genap 1 bulan ketika sudah sampai di tanggal yang sama dengan HPHT pada bulan berikutnya. Usia kehamilan genap 1 minggu jika telah sampai di hari yang sama dengan HPHT pada minggu berikutnya. Contoh HPHT hari Kamis tanggal 20 April 2017 maka usia kehamilan genap 1 bulan pada tanggal 20 Mei 2017 dan genap 1 minggu pada hari Kamis tanggal 27 April 2017.

Usia Kehamilan 37 Minggu

Pada akhir minggu 37 ini janin telah siap untuk lahir. Janin masih terus tumbuh namun kecepatan pertumbuhannya tidak secepat sebelumnya. Lapisan lemak terus dibentuk sehingga badannya semakin membulat. Pada minggu ini kepala janin diharapkan sudah menghadap ke bawah. Ukuran panjang tubuh janin sekitar 45,7 – 48 cm dan beratnya sekitar 2,7 – 3,2 kg.

Usia Kehamilan 38 Minggu

Pada minggu-minggu terakhir ini pertumbuhan janin dipusatkan pada penyempurnaan sistem organ yang sudah ada. Namun berbeda dengan otak dan sistem persarafan yang setiap hari akan terus tumbuh-berkembang bahkan hingga masa kanak-kanan sampai remaja. Pada bulan ini otak janin sedang mempersiapkan untuk mengatur kerja pernafasan, pencernaan, cara makan dan menjaga denyut jantung tetap teratur. Berat badan janin sekitar 3083 gram dan ukuran panjangnya sekitar 49.8 cm

Usia Kehamilan 39 Minggu

Pada minggu ini lapisan vernix caseosa dan lanugo sudah banyak menghilang. Sisa-sisa vernix bisa terlihat pada bagian lengan, di belakang telinga dan di area kemaluan. Sisa-sisa lanugo masih bisa dilihat di sekitar bahu atau punggung yang kemudian akan berangsur-angsur menghilang saat bayi beranjak besar. Janin saat ini semakin gemuk dengan berat sekitar 2,9 – 3,6 kg. Ukuran panjang tubuhnya sekitar 45,7-52 cm. Lapisan lemak di tubuhnya sudah tebal. Lemak ini akan membantu menstabilkan suhu tubuh bayi juga sebagai sumber makanan di beberapa hari pertama setelah lahir. Plasenta di minggu ini akan terus memberikan bayi cadangan antibodi untuk melawan kuman dunia luar. Antibodi ini akan membantu melindungi tubuh bayi selama 6 bulan pertama. Supaya bayi sehat jangan lupa untuk memberikan ASI dan vaksinasi yang lengkap.

Usia Kehamilan 40 Minggu

Hari perkiraan lahir (HPL) tiba di minggu ini. Tapi hanya 5% bayi yang lahir sesuai HPL. Seorang bayi sehat bisa saja lahir satu minggu lebih cepat atau satu minggu lebih lambat. Pada minggu ini tubuh janin sedang bersiap-siap untuk menghadapi proses persalinan. Sama seperti ibu, saat persalinan, tubuh janin akan melalui perubahan besar paparan hormon. Perubahan hormon ini akan mempersiapkan supaya metabolisme tubuhnya bisa menjaga stabilitas glukosa serta denyut jantung. Pada saat kontraksi terjadi penurunan aliran darah ke plasenta. Janin akan bisa mengatasi hal ini selama terlalu sering berlangsung juga tidak memanjang. Berat lahir bayi normal sekitar 2500 – 4000 gram dengan panjang badan dari kepala ke kaki sekitar 48 – 52 cm dan lingkar kepala sekitar 33 – 37 cm. 

Usia Kehamilan 41 – 42 Minggu

Beberapa ibu masih belum mengalami persalinan setelah minggu ke-40. Tetap tenang dan ikuti instruksi petugas kesehatan.  Ibu akan diminta untuk kontrol periksa lebih sering serta memantau janin lebih ketat. Dokter akan mendiskusikan pilihan tindakan yang mungkin diperlukan untuk melahirkan buah hati terkasih sesuai kondisi ibu, kebugaran janin, keadaan plasenta, jumlah air ketuban, dll. Pada kondisi dimana ibu sehat, kehamilan sehat, semua kondisi normal namun melebihi HPL maka diharapkan persalinan akan segera terjadi paling lambat dalam 2 minggu setelah hari perkiraan lahir. Bicarakan rencana persalinan aman bersama keluarga terkasih dan tenaga kesehatan berkompeten yang ibu percayai.

Ukuran tubuh janin ini hanya sebagai gambaran umum dan bisa terdapat perbedaan. Lakukan kontrol kehamilan secara rutin untuk memantau kesehatan tumbuh kembang janin juga kehamilan.

Perubahan Tubuh Ibu Pada Bulan Kesepuluh Kehamilan

Selamat! Akhirnya perjalanan ibu tiba juga di akhir kehamilan.

Pada bulan ini ibu akan mengalami persalinan. Bertemu dengan seseorang yang telah membuat ibu begitu jatuh cinta bahkan sebelum berjumpa. Pada bulan ini keluhan-keluhan seperti nafas cepat, dada terasa panas akibat refluks dan konstipasi mulai membaik ketika posisi janin telah masuk panggul. Ibu masih merasa mudah keluar air kencing dan sering kencing. Panggul semakin rileks untuk mengakomodasi proses persalinan. Ibu terkadang merasakan nyeri di sendi tulang kemaluan. Keluhan kulit masih sama dengan bulan lalu namun akan semakin membaik setelah bayi lahir.

Payudara telah mencapai ukuran penuh. Puting bisa keluar kolostrum. Rahim sudah berhenti membesar. Tinggi rahim setinggi bagian bawah rangka tulang rusuk. Serviks semakin melunak dan mulai membuka. Bukaan serviks diukur dari 0 hingga 10. Ibu merasakan sensasi tekanan dan rasa nyeri tajam di dalam vagina juga area kemaluan.

Biasanya akan keluar lendir penutup pintu serviks (mucous plug). Keluarnya lendir ini terkadang dilihat sebagai lendir vagina yang kental atau bisa juga untaian lendir berwarna jernih dengan bercak darah atau semburat merah muda. Bukan masalah jika ibu tidak bisa mengenali lendir ini. Plug ini bisa lepas sesaat menjelang persalinan ataupun 2 minggu sebelum dimulai proses persalinan. Pada 10% ibu selaput ketuban robek atau bocor sebelum terasa mulas pesalinan. Kondisi ini ditandai dengan keluarnya air ketuban dari vagina. Air bisa hanya menetes atau juga mengalir dari vagina. Segera laporkan ke bidan/dokter dan ikuti instruksi mereka.




PENGETAHUAN UMUM BAGI SEMUA

WASPADA PADA KELUHAN BERIKUT INI

Jika ibu mengalami keluhan berikut ini, atau merasa khawatir dengan kondisi selama masa kehamilan sebaiknya segera pergi periksa ke tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan:

  • Perdarahan dari vagina meski hanya sekedar keluar bercak darah (flek darah)
  • Cairan keluar dari vagina yang dikhawatirkan air ketuban keluar sebelum waktunya
  • Nyeri perut
  • Gangguan kencing seperti terasa panas atau nyeri saat kencing
  • Keputihan yang berbau
  • Pusing, kepala terasa ringan atau seperti mau pingsan
  • Muntah terus-menerus dan tidak mau makan
  • Pandangan kabur
  • Demam tinggi
  • Bengkak tiba-tiba pada kaki, tangan dan/atau wajah
  • Sakit kepala terus-menerus
  • Kejang
  • Janin dirasakan kurang bergerak dibandingkan sebelumnya setelah umur kehamilan 19 minggu
  • Demam, menggigil dan berkeringat dimana pada ibu hamil yang tinggal di daerah endemis malaria bisa jadi sebagai salah satu tanda awal gejala infeksi malaria
  • Batuk, terutama jika batuk lama lebih dari 2 minggu
  • Jantung berdebar-debar atau nyeri di dada
  • Diare berulang
  • Sulit tidur dan cemas berlebihan
  • Terjadi kondisi gawat darurat lainnya
LAKUKAN KONTROL PERIKSA KEHAMILAN SECARA TERATUR. SETIAP IBU HARUS MELAHIRKAN DI FASILITAS KESEHATAN YANG AMAN DENGAN PENDAMPINGAN TENAGA KESEHATAN YANG BERKOMPETEN. MARI BERSAMA BERGANDENGAN TANGAN DEMI PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN IBU DAN ANAK YANG LEBIH BAIK.

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s