Tes Kehamilan

Tes Kehamilan

Deteksi awal kehamilan saat ini mudah dilakukan dengan memeriksa air kencing di hari pertama terlambat menstruasi. Alat tes ini akan mendeteksi hormon beta human chorionic gonadotropin (HCG) di dalam urin. Hormon β-hCG dilepaskan jika ada sel telur yang telah dibuahi melekat ke dalam dinding rahim. Alat akan menunjukkan hasil positif -berarti hamil- atau hasil negatif -tidak hamil- setelah digunakan sesuai petunjuk pemakaian.

Ibu bisa melakukan tes kehamilan ini di rumah atau di fasilitas kesehatan terdekat seperti klinik, klinik rumah bersalin, puskesmas juga rumah sakit.

Kadar β-hCG pada urin akan mencapai puncaknya 8 minggu setelah terjadi pembuahan namun ibu sudah bisa mencoba melakukan tes kehamilan saat terlambat menstruasi. Beberapa alat bahkan jauh lebih sensitif dengan kepekaan 99% sehingga bisa digunakan lebih cepat tanpa menunggu terlambat menstruasi. Ibu bisa mencoba lakukan tes kehamilan dua hari sebelum menstruasi atau 12 hari setelah berhubungan seksual di masa subur. Hasil semakin akurat jika digunakan mendekati hari-hari datang menstruasi atau ketika sudah terlambat menstruasi. Baca petunjuk pemakaian dalam kemasan alat sebelum ibu gunakan.

Ambil sedikit air kencing dalam wadah bersih yang bebas sabun. Celupkan alat hingga batas yang tertera di produk tersebut. Tunggu hingga hasil bisa terbaca sesuai petunjuk pemakaian.

Hasil Tes Kehamilan

Hasil positif jika mendeteksi adanya β-hCG pada urin ditunjukkan dengan munculnya dua garis berwarna merah pada alat yang berbentuk strip atau tanda positif . Alat yang berbentuk compact akan menunjukkan tanda positif jika mendeteksi adanya β-hCG pada urin. (tergantung jenis produk, baca petunjuk pemakaian di kemasan)

Jika hasil tes positif maka kemungkinan besar ibu telah hamil. Segera periksa ke dokter atau bidan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Jika hasil tes negatif maka kemungkinan ibu tidak hamil atau bisa jadi karena terlalu cepat melakukan tes sehingga belum terlihat hasilnya. Tes bisa diulang satu minggu lagi atau bisa periksa ke tenaga kesehatan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tes kehamilan juga bisa dilakukan dengan pemeriksaan darah. Namun, pemeriksaan ini jauh lebih jarang dilakukan. Tanda pasti kehamilan yaitu didapatkan adanya janin hidup di dalam rongga rahim pada pemeriksaan USG sehingga biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan USG. Terkadang pemeriksaan USG perut belum bisa mendeteksi keberadaan janin pada masa kehamilan yang sangat awal. Pemeriksaan yang paling sensitif untuk mendiagnosis kehamilan di minggu-minggu pertama adalah USG transvaginal.

 

Sejak ibu mengetahui telah positif hamil sebaiknya segera periksakan diri ke bidan atau dokter setempat. Lakukan kontrol rutin kehamilan setiap bulan. Pemeriksaan kehamilan secara rutin sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan anak.

 

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s