Kesehatan Wanita

Masa Subur, Ovulasi dan Kehamilan

MASA SUBUR, OVULASI DAN KEHAMILAN

Masa subur seorang wanita diperkirakan terjadi sekitar 5 hari sebelum terjadinya ovulasi hingga satu hari dimana ovulasi terjadi. Pada wanita yang siklus menstruasinya 28 hari maka ovulasi terjadi 14 hari setelah hari pertama haid sebelumnya. Pada wanita yang siklus haidnya 30 hari maka ovulasi terjadi 16 hari setelah hari pertama haid sebelumnya. Memang tidak ada metode pasti untuk bisa mengatakan dengan tepat kapan terjadi ovulasi, hanya perkirakan waktu terjadinya saja.

Tubuh memberikan sinyal ketika terjadi ovulasi. Mengamati tanda tersebut membantu untuk memprediksi terjadinya ovulasi.

Tanda perkiraan masa ovulasi:

  • Memiliki siklus menstruasi teratur sekitar 24 – 35 hari
  • perubahan lendir yang keluar dari vagina: lendir keluar lebih banyak menyerupai putih telur mentah
  • pada beberapa wanita mengalami sedikit sensasi nyeri pada perutyang disebut mittelschmerz (hati-hati jika nyeri berlanjut justru bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan lain)
  • merasakan gejala premenstrual: payudara membesar, payudara nyeri, perut kembung dan perasaan labil
  • suhu tubuh basal naik sekitar setengah derajat celcius (0.4 – 1 derajat Fahrenheit)

Waktu ovulasi bisa diperkirakan menggunakan metode kalender, mencatat suhu basal tubuh, mengamati perubahan lendir vagina dan alat prediktor ovulasi. Metode kalender dilakukan dengan mengamati siklus menstruasi untuk memprediksi waktu ovulasi. Catat dalam kalender. Metode kalender, pencatatan perubahan suhu basal tubuh dan perubahan lendir vagina ini akan membantu jika dilakukan selama beberapa siklus menstruasi untuk melihat prediksi pola ovulasi.

Tip praktis!

Tanda positif hamil

Gunakan kalender untuk mencatat. Tulis tanda X perkiraan masa subur, hasil pengukuran suhu juga keterangan kondisi lendir pada tiap tanggal di kalender. Meskipun tidak begitu akurat namun setidaknya cara ini murah serta mudah untuk dikerjakan. Coba kombinasikan cara ini sembari menggunakan alat prediktor ovulasi.

Mendeteksi ovulasi yang paling akurat tentu saja dengan USG transvaginal oleh dokter. Bila dilakukan USG transvagina pada hari ke 12-14 siklus menstruasi untuk melihat perkembangan folikel pada indung telur. Bila telah ada folikel dominan ini maka dilakukan penjadwalan hubungan seksual. Sel telur biasanya berumur sekitar 12 – 24 jam.

Melakukan hubungan seksual di masa subur akan meningkatkan kemungkinan ibu untuk hamil. Jika bingung menandai masa subur, maka lakukan hubungan seksual setidaknya dua hingga tiga kali dalam satu minggu secara teratur sehingga membantu memperbanyak kemungkinan untuk hamil.

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s