Tips Cepat Hamil

Tips Cepat Hamil

Anak yang sholeh, sehat dan kuat menjadi dambaan setiap orang tua. Mungkin saat ini anda sudah siap untuk hamil, ingin menambah anak atau ingin merencanakan anak lahir di tahun tertentu? Kehamilan yang direncanakan dengan matang sangat baik bagi sebuah keluarga.

Tips cepat hamil:

Ibu akan cepat hamil jika bisa memperkirakan waktu yang tepat terjadinya ovulasi dan melakukan hubungan seksual di waktu ovulasi tersebut.

Tips Cepat Hamil

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba untuk meningkatkan kemungkinan hamil.

  1. Temui bidan atau dokter anda untuk melakukan pemeriksaan prakonsepsi sebelum hamil

Konsultasi prakonsepsi ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi tubuh dan mendeteksi permasalahan kesehatan pada pasangan. Sampaikan riwayat kesehatan serta obat/suplemen yang rutin dikonsumsi oleh ibu. Lengkapi status imunisasi dan lakukan tes skrining untuk mendeteksi infeksi atau pun kelainan genetik. Kontrol berbagai penyakit kronis seperti asma, hipertensi, diabetes mellitus, depresi dan berbagai penyakit lainnya yang bisa menyulitkan untuk hamil.

Jika sebelumnya menggunakan KB maka sekarang saatnya berhenti memakai alat KB untuk mengembalikan kesuburan anda. Kontrol kesehatan gigi secara teratur di dokter gigi sebab kehamilan sangat erat dengan kesehatan gigi dan mulut juga. Pada konsultasi prakonsepsi ini tenaga kesehatan bisa memberikan berbagai nasehat, suplementasi asam folat serta arahan perubahan gaya hidup untuk lebih sehat. Pasangan yang sehat akan lebih cepat cepat sukses hamil.

  1. Buat rencana hidup sehat demi kehamilan sehat

Beberapa poin dalam perencanaan kehamilan sehat ini meliputi:

  • membuat target kehamilan disesuaikan dengan kondisi kehidupan saat ini
  • makan makanan sehat dan bergizi seimbang,
  • lakukan aktivitas fisik dan rutin berolahraga,
  • mengkonsumsi asam folat 400 mikrogram/hari untuk mencegah kecacatan janin
  • melindungi diri dari penyakit menular seksual
  • lakukan tindakan pencegahan infeksi
  • hindari zat kimia, logam dan material beracun yang ada di lingkungan sekitar
  • lengkapi imunisasi
  • manajemen stress dan gangguan kejiwaan lainnya
  • berhenti merokok dan jauhi paparan rokok
  • hindari pemakaian obat tanpa petunjuk dokter
  • hindari konsumsi alkohol
  • hentikan kekerasan terhadap perempuan dan kekerasan dalam rumah tangga
  • manajemen permasalahan kesehatan yang ada seperti asma, diabetes, dll
  • lalukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
  1. Kenali waktu ovulasi

Catat jadwal menstruasi dan kenali waktu ovulasi. Ibu hanya mengalami satu kali ovulasi dalam sekali siklus menstruasi. Ibu bisa mengenali waktu ovulasi dengan cara merekam suhu temperature basal tubuh dan perubahan lendir vagina. Mencatat pola ini akan membantu mengetahui waktu perkiraan ovulasi. Saat ini juga tersedia ovulation predictor kit yang mengenali waktu ovulasi dari kadar hormon di urin atau perubahan kadar klorida di saliva atau di kulit. Mengenali perkiraan waktu ovulasi bisa membantu untuk menentukan jadwal berhubungan seksual bersama suami sehingga kesempatan cepat hamil lebih besar. Jika jadwal menstruasi tidak teratur sebaiknya konsultasikan ke dokter.

  1. Melakukan hubungan seksual di hari yang tepat

Berhubungan seksual di masa subur akan meningkatkan kesempatan untuk hamil.

Masa subur seorang wanita yaitu 3-5 hari sebelum ovulasi dan di hari terjadi ovulasi. Umur sel sperma sekitar 3 – 6 hari di dalam saluran reproduksi wanita. Umur sel ovum hanya sekitar 1 hari (12 – 24 jam) saja.

Lakukan hubungan seksual pada dua hari sebelum terjadi ovulasi dan di hari terjadinya ovulasi. Jika masa subur tidak bisa diperkirakan dengan jelas maka anda bisa melakukan hubungan seksual setiap dua hari sekali. Usaha ini akan membuat ketersediaan suplai sperma yang bagus di dalam rahim ketika ovum dilepaskan ke tuba fallopii saat terjadi ovulasi. Melakukan hubungan seksual lebih sering tidak akan memperbesar kesempatan untuk hamil, namun tentu juga tidak akan berbahaya.

Jika anda ingin berhubungan seksual saat mendekati masa subur saja, maka sebaiknya suami tetap mengeluarkan sperma setidaknya satu kali saat mendekati masa paling subur. Apabila terlalu lama sperma tidak dikeluarkan akan banyak sel-sel sperma mati yang tertimbun dalam semen. Hindari pemakaian pelumas yang bisa mempengaruhi pH vagina. Tanyakan pada dokter tentang produk lubrikan yang aman digunakan jika anda memang membutuhkan produk lubrikasi. Saat ini foreplay merupakan usaha terbaik untuk mendapatkan lubrikan alami yang jelas aman.

Persentase kemungkinan sukses hamil saat menjadwalkan untuk melakukan hubungan seksual di masa subur:

  • 30 – 38% setelah mencoba selama satu siklus
  • 59 – 68% setelah mencoba selama tiga siklus
  • 80 – 81% setelah mencoba selama enam siklus
  • 91 – 92% setelah mencoba selama 12 siklus

Tidak ada posisi khusus yang istimewa untuk membantu pembuahan. Berbaring telentang sekitar 10 – 15 menit dikatakan bisa membantu sperma berada lebih lama di daerah serviks. Sebenarnya kondisi lendir di vagina saat masa subur pun sudah akan membantu perjalanan sperma menuju sel telur. Ibu tetap bisa mengeksplorasi posisi saat melakukan hubungan seksual namun hindari posisi duduk atau tegak sebab pengaruh gaya gravitasi bisa membuat sperma cepat keluar dari vagina.

Tentu saja anda tetap bisa hamil meskipun tidak mau terlalu repot untuk memikirkan waktu ovulasi, mencatat suhu basal atau menandai kapan harus melakukan hubungan seksual. Terus jaga kesehatan, lakukan hubungan seksual secara teratur bersama pasangan dan pada waktu yang tepat akan hamil juga. Lakukan hubungan seksual setidaknya dua hingga tiga kali dalam satu minggu secara teratur untuk membantu memperbanyak kemungkinan bisa hamil. Ibu bahkan tidak perlu mengalami orgasme untuk hamil tetapi kontraksi rahim saat wanita mengalami orgasme akan membantu masuknya sperma menuju tuba fallopii.

  1. Bantu kerja sperma supaya prima

Sperma yang prima akan bekerja dengan cepat tepat untuk membuahi sel telur sehingga jaga supaya sperma sehat, kuat dan produksinya berlimpah. Makan makanan bergizi seimbang. Mikronutrisi seperti zinc, asam folat, kalsium, vitamin C dan vitamin D membantu produksi sperma tetap banyak. Hindari rokok, konsumsi NAPZA dan alkohol. Hindari berendam air panas atau sauna sebab testis bekerja baik pada suhu 34-35°C.

Sperma membutuhkan waktu untuk perbaikan. Perubahan gaya hidup sekarang akan berkontribusi untuk kualitas sperma 3 bulan ke depan.

  1. Manajemen stres dengan berdoa tulus ikhlas penuh rasa tawakal

Terus panjatkan doa dengan tulus ikhlas. Percaya bahwa Allah akan Memberikan rejeki anak pada saat yang tepat. Hal ini akan membantu tetap gembira, rileks serta jauh dari tekanan stress negatif.

Tuntutan sosial serta target pribadi untuk memiliki anak terkadang membuat pasangan suami istri menjadi sangat stress. Coba untuk rileks sebab stress bisa mempengaruhi kesuburan. Semakin rileks kemungkinan untuk berhasil akan semakin tinggi.

Konsultasi Kehamilan

Delapan dari sepuluh pasangan berhasil hamil dalam waktu 6 bulan setelah mencoba tips di atas. Pasangan muda yang sehat memiliki kemungkinan hamil sekitar 20% dalam satu siklus menstruasi istri dengan frekuensi berhubungan seksual yang normal. Sekitar 85% wanita akan hamil setelah mencoba selama 1 tahun. Jika gagal sebaiknya segera periksa konsultasikan dengan dokter spesialis untuk pemeriksaan kesuburan lebih lanjut. Tentu anda tidak perlu menunggu 6 – 12 bulan untuk berkonsultasi ke dokter sebab kondisi masing-masing pasangan berbeda. Semakin cepat berkonsultasi bersama dokter ahli akan semakin bagus.

Selamat Mencoba Tips Cepat Hamil

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s