Pemeriksaan Kesehatan Pranikah

Pemeriksaan Kesehatan Pranikah

Pemeriksaan Kesehatan Pranikah merupakan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang digunakan untuk membantu pasangan mempersiapkan sebuah pernikahan.

Persiapan kesehatan sebelum menikah sangatlah penting. Tujuannya tidak hanya terlihat menawan di pelaminan namun juga supaya fisik prima menjalani hari-hari baru yang bahagia. Jadikan hidup sehat sebagai pilihan gaya hidup harian.

Persiapkan diri menyambut hari bahagia ini dengan:

  • Mengatur pola makan yang sehat
  • Olahraga teratur
  • Memantau berat badan supaya dalam rentang ideal
  • Berhenti merokok dan mengkonsumsi zat-zat yang menyebabkan kecanduan
  • Kurangi konsumsi zat-zat yang bersifat stimulan seperti kopi, teh, minuman penambah energi juga yang mengandung kadar gula tinggi
  • Gunakan obat dengan bijak sesuai petunjuk dokter

Pernikahan merupakan sebuah ikatan sakral antara sepasang pria dan wanita untuk bersama membentuk sebuah keluarga sakinah bahagia sejahtera lahir batin. Menjaga kesehatan menjadi awalan baik bagi sebuah pernikahan yang bahagia sejahtera. Banyak persiapan dilakukan oleh kedua belah pihak calon mempelai. Namun, sayangnya masih jarang pasangan yang berpikir untuk melakukan Pemeriksaan Kesehatan Pranikah.

Pemeriksaan Kesehatan Pranikah

Pemeriksaan yang dilakukan antara lain pemeriksaan fisik keseluruhan, pemeriksaan darah, analisis urin, juga beberapa pemeriksaan tambahan yang dianggap penting lainnya. 

Pemeriksaan darah dilakukan untuk mengetahui jumlah sel darah (eritrosit, leukosit, trombosit), golongan darah, jenis rhesus, riwayat anemia, fungsi metabolik juga antibodi beberapa jenis penyakit infeksi. Lakukan juga pemeriksaan untuk mendeteksi kadar kolesterol untuk membantu mengetahui risiko penyakit jantung. Pemeriksaan gula darah untuk mengetahui kadar gula darah juga terkait risiko penyakit diabetes. Dokter akan memeriksa tekanan darah, paru, tiroid, jantung, perut juga organ reproduksi. Lakukan pemeriksaan beberapa penyakit infeksi yang menjadi perhatian seperti infeksi saluran kencing, TORCH (toksoplasma, rubella, CMV, herpes), hepatitis B, hepatitis C, HIV juga penyakit menular seksual lainnya.

Riwayat kelengkapan vaksinasi sangat penting untuk diketahui supaya pemberian vaksin bisa segera dilengkapi. Riwayat penyakit genetik seperti sickle cell disease, hemofilia, thalassemia serta riwayat penyakit terkait genetik lainnya dalam keluarga akan membantu jika diketahui sejak dini.

Manfaat Pemeriksaan Kesehatan Pranikah

Pemeriksaan Kesehatan Pranikah ini akan membantu untuk mengenali permasalahan kesehatan pasangan sehingga bisa ditangani dengan baik. Kesehatan yang prima akan menguntungkan bagi sebuah keluarga baru.

Keuntungan pemeriksaan kesehatan pranikah antara lain:

  • Menghindari penyakit genetik dan herediter
  • Mencegah penyakit menular
  • Menjaga keberlangsungan kesehatan yang prima pada keturunan selanjutnya
  • Mengontrol prevalensi kecacatan yang diturunkan pada bayi baru lahir
  • Deteksi dini penyakit sehingga bisa diterapi lebih awal
  • Menghindari efek negatif ketidakharmonisan pernikahan yang mungkin timbul di kemudian hari
  • Melindungi kesehatan keluarga dan masyarakat
  • Membangun keluarga sehat demi terciptanya bangsa dan negara yang kuat

Banyak kesalahan pemahaman dimana pasangan takut pernikahan akan batal apabila hasil pemeriksaan kesehatan tidak sesuai yang diharapkan. Pemeriksaan kesehatan sebelum menikah ini justru bisa membantu keharmonisan pasangan saat sudah menikah. Diharapkan tumbuh kesadaran untuk menjaga kesehatan masing-masing pasangan, juga membantu mengenali risiko penyakit dalam keluarga sehingga diharapkan saat memutuskan menikah telah siap dan lebih saling bisa menerima kondisi masing-masing.

Cinta sejati akan makin tumbuh subur ketika saling memahami dan menerima kondisi pasangan masing-masing

Pemeriksaan ini justru juga diharapkan untuk bisa mencegah beberapa penyakit genetik yang diturunkan pada anak-cucu kelak (terutama jika ditambah dengan melakukan pemeriksaan prenatal saat hamil nanti). Pada pemeriksaan penyakit kronis diharapkan mampu mendeteksi dini sehingga bisa segera diterapi sejak awal untuk mengelola kondisi tersebut.

Konsultasikan bersama dokter anda terkait pemeriksaan kesehatan pranikah ini. Beberapa rumah sakit dan klinik terkadang sudah menyediakan paket pemeriksaan kesehatan pranikah sehingga memudahkan bagi para pasangan yang akan menikah. 

Idealnya pemeriksaan kesehatan pranikah ini juga disertai dengan “Konseling Pranikah”

Konseling pranikah merupakan sebuah terapi untuk membantu pasangan yang akan menikah. Dalam konseling ini akan didiskusikan tentang beberapa topik seperti keuangan, komunikasi, nilai hidup, kepercayaan, peran dalam rumah tangga, anak, pengasuhan anak, hubungan kekeluargaan, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah juga menghabiskan waktu bersama keluarga.

Konseling pranikah akan membantu pasangan dalam berkomunikasi, menciptakan harapan pernikahan yang realistis sesuai kondisi masing-masing juga mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Mendiskusikan topik ini bersama ahli membantu masing-masing pasangan untuk lebih saling memahami juga mendukung dalam sebuah hubungan pernikahan.

Pernikahan bahagia tercipta ketika masing-masing pasangan saling bisa menerima satu sama lain sehingga lebih siap untuk saling menguatkan dalam mengarungi gelombang pasang-surut kehidupan berumah tangga.
PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s