Pencegahan Hipertensi

Pencegahan Hipertensi

Hipertensi bisa dicegah dengan cara mudah yaitu hidup sehat. Gaya hidup sehat bisa membantu tekanan darah tetap berada dalam kisaran normal serta menurunkan risiko mengalami penyakit jantung dan stroke. Gaya hidup sehat antara lain:

  • Makan dengan pola makan sehat sesuai pedoman umum gizi seimbang
  • Menjaga berat badan supaya ideal
  • Melakukan aktivitas fisik secara cukup
  • Tidak merokok
  • Manajemen stres dengan baik
  • Konsumsi obat sesuai dengan petunjuk dokter anda
  • Menghindari konsumsi alkohol berlebihan

Pastikan makan makanan dan camilan yang sehat untuk menghindari penyakit tekanan darah tinggi dan komplikasinya. Makan banyak sayur dan buah. Kurangi konsumsi garam natrium. Konsumsi bahan makanan kaya akan kalium, kalsium dan magnesium. Jaga berat badan supaya memiliki IMT yang dalam rentang normal. Lingkar pinggang dan paha digunakan untuk menilai lemak tubuh. Hindari rokok sebab merokok berisiko meningkatkan tekanan darah juga meningkatkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung. Aktivitas fisik dengan olahraga intensitas moderat selama 2,5 jam/minggu (sekitar 30 menit selama 5 hari dalam seminggu) seperti berjalan dan bersepeda bisa membantu menjaga tekanan darah.

Jangan lupa untuk rajin periksa tekanan darah dan medical check up lainnya secara teratur meskipun tekanan darah anda masih normal. Pemeriksaan yang teratur akan bisa mendeteksi stadium prehipertensi secara dini. Kondisi prehipertensi yang ditangani dengan tepat bisa mencegah terjadinya penyakit tekanan darah tinggi. Kontrol penyakit yang anda miliki sesuai dengan petunjuk dokter untuk menghindari komplikasi hipertensi dari penyakit sebelumnya.

Gaya hidup sehat menguntungkan semua orang, baik yang masih sehat maupun dengan penyakit tekanan darah tinggi. Gaya hidup sehat membantu efektivitas kerja obat antihipertensi yang diresepkan oleh dokter sehingga tekanan darah akan lebih mudah dikontrol.

Jadikan menjaga tekanan darah sebagai komitmen seumur hidup.

Semua orang harus proaktif dalam menjaga kesehatannya. Hipertensi bukanlah vonis hidup atau mati. Kumpulkan informasi dari sumber yang akurat. Perubahan gaya hidup sehat dan patuh pada nasehat dokter akan bisa:

  • mencegah hipertensi pada orang sehat
  • pada pasien hipertensi bisa membantu untuk mengontrol tekanan darah
  • pada pasien hipertensi mencegah komplikasi seperti stroke, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah tepi serta serangan jantung sehingga penderita bisa menikmati hidup berkualitas
  • meningkatkan efektivitas pengobatan.

Baca kembali: Mengenal Hipertensi

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s