Komplikasi Hipertensi

Komplikasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi akibat hipertensi akan memberikan tekanan berlebihan pada dinding pembuluh darah di tubuh juga pada organ-organ tubuh. Semakin tinggi tekanan darah, ditambah apabila tidak diobati, maka akan menimbulkan kerusakan pada organ-organ tubuh. Tekanan darah tinggi yang tidak dikontrol bisa menyebabkan:

  • Serangan jantung atau stroke: Tekanan darah tinggi bisa melukai dinding pembuluh darah sehingga menyebabkannya kaku dan sempit. Efeknya peredaran darah menjadi tidak lancar sehingga bisa menyebabkan otak mengalami stroke dan jantung mengalami iskemia serta komplikasi lainnya.
  • Tekanan darah tinggi bisa melukai dinding pembuluh darah sehingga menyebabkannya melemah lalu menggembung seperti balon di dinding membentuk aneurisma. Aneurisma yang pecah bisa menyebabkan bahaya yang mematikan.
  • Gagal jantung. Jantung yang harus memompa dengan kekuatan yang besar akan menyebabkan penebalan otot jantung. Semakin tebal otot jantung akan membutuhkan energi dan waktu yang semakin besar pula saat memompa darah. Akibatnya tubuh kesulitan mendapatkan sirkulasi darah yang dibutuhkan sehingga terjadi kondisi gagal jantung.
  • Pembuluh darah di ginjal menjadi makin sempit atau melemah sehingga ginjal tidak bisa berfungsi dengan baik.
  • Pembuluh darah di mata menjadi tebal, sempit atau justru pecah sehingga menyebabkan gangguan atau kehilangan penglihatan.
  • Sindroma metabolik. Sindroma ini merupakan kumpulan gangguan metabolisme tubuh seperti peningkatan lingkar pinggang, kadar trigliserida tinggi-HDL kolesterol rendah, tekanan darah tinggi dan kadar insulin tinggi. Sindroma metabolik menjadi faktor risiko terjadinya diabetes, stroke dan penyakit jantung.
  • Gangguan mengingat atau memahami. Tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan gangguan untuk belajar, memahami dan mengingat.

Baca selanjutnya: Pencegahan Hipertensi

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s