Kesehatan Anak, Menyusui dan ASI

Ruam ASI

“RUAM ASI” DI WAJAH BAYI 

“Ruam ASI” ini merupakan istilah yang sering digunakan untuk kondisi ruam kemerahan, bentol-bentol atau gatal-gatal di kulit bayi. “Ruam ASI” paling sering terjadi di daerah kulit yang sering terkena ASI seperti sekitar mulut, pipi, dan leher bayi. “Ruam ASI” bukan akibat cipratan ASI di kulit, buktinya banyak kulit yang baik-baik saja meski tidak sengaja terciprat ASI. Banyak juga bayi yang mengalami ruam kulit merah, bentol-bentol bahkan bisul di kulit padahal tidak disusui ibunya (bayi tidak mendapat ASI).

Ruam ASI ini bisa saja merupakan sejenis gejala dermatitis akibat bayi alergi makanan yang dikonsumsi ibu, bisa juga akibat pencetus lain. Dermatitis menyebabkan muncul keluhan gatal di kulit. Oleh sebab itu, “ruam ASI” gatal dan mengganggu sehingga membuat bayi sering menggaruknya. Cegah bayi menggaruk sebab bisa memperparah kondisi menjadi kulit lecet dan infeksi sekunder. Cara mengatasi “ruam ASI” di wajah bayi dengan tetap menyusui dan mencari pencetus alergi. Jaga kulit bayi tetap bersih dan lembab. Segera bawa ke dokter jika gejala makin berat.

Bayi Kecipratan ASI

Tidak perlu panik hanya karena bayi tidak sengaja terciprat ASI.

FB_IMG_1542679492009

Sumber gambar instagram @bfmamatalk

ASI tertelan masuk ke perut bayi saja aman, apalagi hanya terciprat di kulit bayi. ASI bukan air keras sehingga tidak akan merusak tubuh bayi. Cipratan ASI cukup dibersihkan dengan kain yang dibasahi air supaya tidak lengket, bersih, dan tidak menyebabkan iritasi. Efek air saat membersihkan kulit juga berfungsi sebagai “kompres sejuk” yang bisa membuat gejala peradangan ringan di kulit membaik. 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s