Ibu Menyusui Makan Pedas, Sambel dan Cabe

Banyak ibu khawatir ketika makan sambel atau cabe bayi yang disusuinya akan mencret. Ada beberapa hal yang harus diketahui:

1. Feses bayi yang hanya makan ASI

2015-04-09_09.54.38

Kotoran bayi diatas adalah tinja bayi ASI eksklusif yang normal.

Tinja atau feses bayi yang hanya makan ASI saja itu berwarna kuning dengan konsistensinya lembek seperti kuning telur mentah. Tinja bayi kadang sangat berair hingga konsistensinya sangat lembek dengan sedikit sekali ampas. Anda bisa melihat kotorannya kadang tampak seperti berbiji. Ada ampas yang terlihat seperti biji cabe. Baunya tidak busuk karena aktivitas flora normal usus bayi ASIX.

Tinja pada bayi yang hanya makan ASI yang sehat dan tumbuh baik ini normal bukan mencret atau diare atau intoleransi.

Tinja bayi yang hanya makan ASI dibentuk dari sisa-sisa ASI, terutama hindmilk. Hindmilk kaya lemak. Oleh sebab itu, sisa-sisa lemak dalam ASI akan membentuk ampas yang menjadi tinja. Bentuk ampasnya kadang menyerupai biji. Biji itu sisa lemak ASI, bukan biji cabe yang dimakan oleh ibunya. Jika dicek di laboratorium yaa feses bayi ASI eksklusif akan banyak lemaknya.

ASI adalah standard baku emas pemberian makan bayi sehingga kotoran bayi ASI yaa normalnya seperti ini. Jangan pernah menjadikan kotoran manusia dewasa atau bayi yang minum susu formula sebagai standard acuan. Jelas berbeda jauh.

Jadi, kesimpulan pertama:

Feses bayi tampak lembek atau berair disertai biji-biji pada bayi sehat juga tumbuh baik, yang baru minum ASI saja di masa ASI eksklusif itu normal.

2. Diare atau mencret pada bayi yang masih ASI eksklusif

Berak encer dan sering pada bayi yang masih ASI eksklusif merupakan hal yang biasa. Bayi dikatakan diare atau mencret jika terdapat perubahan bentuk tinja yang tidak seperti biasanya dan frekuensi berak yang lebih sering dibanding biasanya. (Buku Saku Pelayanan Kesehatan Neonatal Esensial, Kemenkes RI, 2010).

Tentang informasi lebih lanjut silakan baca artikel Serba-Serbi Feses Bayi.

3. Ibu menyusui makan pedas pakai sambel atau irisan cabe.

Ilmu pengetahuan saat ini menunjukkan bahwa pembentukan selera makan manusia itu ternyata terjadi sejak dini. Penerimaan terhadap rasa makanan telah dimulai sejak masa janin kemudian dikukuhkan ketika masa menyusui. Makanan yang ibu konsumsi akan masuk ke air ketuban juga ASI yang dikonsumsi anak.

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, kemudian tetap meneruskan menyusui hingga setidaknya anak berumur 2 tahun menguntungkan bagi anak. ASI memiliki faktor pelindung terhadap peradangan, alergi juga infeksi. ASI mengandung enzim juga faktor pertumbuhan yang akan menyempurnakan saluran pencernaan bayi.

Bayi yang disusui biasanya lebih mudah menerima berbagai rasa makanan juga variasi rasa baru ketika makan nanti serta lebih jarang picky eater.

Cabe mengandung CAPSAISIN. Capsaisin ini adalah zat yang membuat cabe terasa pedas. Capsaisin memiliki banyak manfaat, termasuk potensi sebagai antioksidan. Namun, capsaisin juga bisa menimbulkan alergi atau sensitif dan efek yang tidak menyenangkan terutama bagi yang tidak terbiasa memakannya.

Capsaisin bisa masuk ke ASI. Reaksi yang ditimbulkan pada bayi beraneka macam. Banyak bayi yang tetap baik-baik saja ketika ibu memakan makanan yang pedas atau berbumbu tajam. Ada pula bayi yang mengalami gangguan seperti rewel, sering gumoh, mencret/diare, berak kehijauan bahkan mungkin saja menolak menyusu untuk sementara waktu.

Bolehkah ibu menyusui mengkonsumsi makanan pedas, sambel juga cabe?
  1. Boleh jika bayi baik-baik saja dan tidak ada keluhan saat ibu makan pedas. Bayi yang ibunya terbiasa mengkonsumsi makanan pedas sejak hamil biasanya lebih kuat sehingga tetap baik-baik saja.
  2. Ibu sebaiknya menunda dulu makan cabe, sambel atau makanan berbumbu tajam lainnya jika bayi ada keluhan seperti mencret atau rewel atau keluhan lainnya. Saat bayi umurnya makin lebih besar biasanya akan lebih kuat.
Bagaimana jika bayi mencret akibat ibu makan pedas, sambel juga cabe?

Tetap teruskan menyusui sambil memantau kondisi bayi dan stop makanan pencetus. Mencret akibat tidak cocok dengan makanan ibu ini biasanya hanya ringan dan membaik dalam 24 jam. Zat dari makanan yang ibu makan akan bersih dari ASI dalam 24 jam. Jika bayi tampak sangat kesakitan atau keluhan berat atau gejala berlanjut segera periksakan ke dokter, sebab dicurigai akibat karena penyebab lain contohnya seperti infeksi saluran pencernaan. Ibu biasanya tetap diperbolehkan menyusui sambil bayi diobati oleh dokter. Jalin komunikasi dengan memilih dokter yang pro-ASI dan komunikatif.

 

 

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s