Dilarang Menghisap Ingus Anak Menggunakan Mulut

Dilarang Menghisap Ingus di Hidung Anak Memakai Mulut

Melihat anak sakit itu begitu menyakitkan. Banyak ibu berharap penyakit si anak pindah saja ke tubuhnya, biar ibu yang sakit dan anak sehat.

Cinta kasih ibu… :’) :’) :’)

Anak-anak memang lebih sering sakit daripada orang dewasa. Apalagi batuk pilek selesma atau common cold. Ada 200 lebih jenis virus penyebab selesma, jadi wajar saja jika anak-anak sering sakit batuk pilek.

Anak-anak akan bisa mengalami selesma sebanyak 6 hingga 10 kali dalam waktu 1 tahun. Anak yang sudah sekolah atau di tempat penitipan anak bisa mengalami selesma hingga 12 kali dalam 1 tahun.

Anak yang sudah lebih besar bisa mengalami selesma 5 kali dalam satu tahun. Sedangkan orang dewasa yang sehat hanya mengalami 2 – 3 kali selesma dalam satu tahun. Ini karena ketahanan tubuh orang dewasa sudah lebih baik dari anak-anak.

Cara mencegah penularan batuk pilek selesma baca disini: Mencegah Batuk Pilek Cara mengobati batuk pilek pada anak baca disini: Perawatan Batuk Pilek, Batuk Pilek, Batuk Pilek Anak

Melihat anak kesulitan bernafas saat pilek membuat orang tua ikut sesak nafas 😦 Saluran hidung anak masih kecil sehingga ingus yang keluar dan peradangan dinding saluran hidung akan membuat saluran nafasnya tersumbat. Bayi dan anak yang sulit nafas akan rewel.

Cara membuat anak nyaman adalah membersihkan ingusnya. Bisa ibu gunakan penyedot khusus hidung caranya bisa dibaca di artikel Perawatan Batuk Pilek: 2015-03-24_08.19.10

Bersihkan penyedot hidung setiap hari supaya mencegah kotor dan berjamur.

Penyedot ingus ini biasanya efektif bagi bayi, namun anak di atas 6 bulan sudah bisa menolaknya. Ibu tetap bisa membersihkan ingus dengan tisu. Anak yang lebih besar sudah bisa diajarkan untuk membuang ingus dengan benar.

Dilarang menghisap hidung anak memakai mulut yaaa…

Mulut banyak bakteri. Jumlah bakteri di mulut jauh lebih banyak dibandingkan populasi manusia yang saat ini menghuni bumi. Ada 700 jenis bakteri berbeda di dalam mulut. Dalam sekali ciuman selama 10 detik akan memindahkan 80 juta bakteri.

Bakteri ini penghuni mulut, jangan sampai berpindah ke hidung anak dan menimbulkan infeksi bakterial sekunder pada anak yang sakit batuk pilek akibat virus. Kebiasaan buruk ini hanya akan memudahkan penularan virus, risiko infeksi bakteri sekunder pada anak. Jadi, jangan hisap ingus hidung anak yang pilek pakai mulut yaa.

Segera bawa anak ke dokter jika terlihat sangat terganggu dengan pileknya. 🙂 2015-03-24-08-36-33

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s