Kesehatan Anak, Kesehatan Umum

Dilarang Menghisap Ingus Anak Menggunakan Mulut

Dilarang Menghisap Ingus di Hidung Anak Memakai Mulut

Melihat anak sakit itu begitu menyakitkan. Banyak ibu berharap penyakit si anak pindah saja ke tubuhnya, biar ibu yang sakit dan anak sehat.

Cinta kasih ibu…

Anak-anak memang lebih sering sakit daripada orang dewasa. Apalagi batuk pilek selesma atau common cold. Ada 200 lebih jenis virus penyebab selesma, jadi wajar saja jika anak-anak sering sakit batuk pilek.

Anak-anak akan bisa mengalami selesma sebanyak 6 hingga 10 kali dalam waktu 1 tahun. Anak yang sudah sekolah atau di tempat penitipan anak bisa mengalami selesma hingga 12 kali dalam 1 tahun.

Anak yang sudah lebih besar bisa mengalami selesma 5 kali dalam satu tahun. Sedangkan orang dewasa yang sehat hanya mengalami 2 – 3 kali selesma dalam satu tahun. Ini karena ketahanan tubuh orang dewasa sudah lebih baik dari anak-anak.

Melihat anak kesulitan bernafas saat pilek membuat orang tua ikut sesak nafas. Saluran hidung anak masih kecil sehingga ingus yang keluar dan peradangan dinding saluran hidung akan membuat saluran nafasnya tersumbat. Bayi dan anak yang sulit nafas akan rewel.

Cara membuat anak nyaman adalah:

1. Anak cukup istirahat

2. Berikan banyak minum. Bayi 0 – 6 bulan disarankan ibu menyusui lebih sering sebab masih masa ASI eksklusif.

3. Kompres hangat saat anak mengalami demam yang mengganggu. Berikan obat pereda rasa nyeri seperti parasetamol bila perlu jika anak demam atau merasa kesakitan, gunakan obat dengan benar. Hindari pemakaian obat batuk-pilek yang berpotensi menyebabkan efek samping tidak diinginkan seperti gangguan pernafasan, gangguan irama jantung, peningkatan tekanan darah, kejang hingga penurunan kesadaran.

4. Jaga kelembaban udara ruangan.

5. Jika hidung tersumbat maka bantu untuk membersihkan ingus/lendir hidungnya. Bersihkan lendir hidung menggunakan tissue. Bisa juga gunakan penyedot khusus lendir hidung. Jika lendir hidung terlalu kental maka teteskan 1-2 tetes larutan garam fisiologis steril, baru kemudian bersihkan lendir hidungnya. Saat ini ada banyak pilihan merek nasal saline spray yang mudah digunakan. Larutan garam fisiologis ini akan melegakan peradangan dan rasa kering yang tidak nyaman pada mukosa hidung bayi.

2015-03-24_08.19.10

Bersihkan penyedot hidung setiap hari supaya mencegah kotor dan berjamur. Bagian dalam penyedot hidung ini rentan berjamur sehingga khawatirnya akan berisiko membahayakan anak. Penyedot ingus ini biasanya efektif bagi bayi, namun anak di atas 6 bulan sudah bisa menolaknya. Ibu tetap bisa membersihkan ingus dengan tisu. Anak yang lebih besar sudah bisa diajarkan untuk membuang ingus dengan benar.

2015-03-11_09.36.10

Perhatian! Gunakan antibiotik dengan bijak. Antibiotik hanya digunakan untuk mengobati penyakit infeksi akibat bakteri. Pemakaian antibiotik harus sesuai resep petunjuk dokter. Penyalahgunaan antibiotik berpotensi mengakibatkan resistensi dan kekebalan obat yang fatal.

Dilarang menghisap hidung anak memakai mulut

Mulut banyak bakteri. Jumlah bakteri di mulut jauh lebih banyak dibandingkan populasi manusia yang saat ini menghuni bumi. Ada 700 jenis bakteri berbeda di dalam mulut (link). Dalam sekali ciuman selama 10 detik akan memindahkan 80 juta bakteri (link).

Bakteri ini penghuni mulut, jangan sampai berpindah ke hidung anak dan menimbulkan masalah lain yang tidak diharapkan. Kebiasaan buruk ini hanya akan memudahkan penularan virus, risiko infeksi bakteri sekunder pada anak serta. Jadi, jangan hisap ingus hidung anak yang pilek pakai mulut yaa.

Segera bawa anak ke dokter jika terlihat sangat terganggu dengan pileknya. 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s