Tanda Bayi Lapar dan Tanda Bayi Kenyang Saat Menyusu

Tanda Bayi Lapar

Bayi merupakan manusia kecil yang juga mengenal rasa lapar. Pola makan bawaan bayi merupakan pola makan yang paling sehat di dunia sebab dia akan “makan” ketika lapar dan berhenti “makan” saat kenyang. Makan dalam hal ini tentu saja menyusu jika umur bayi masih 0-6 bulan.

Masalahnya bayi belum bisa bicara dan melakukan aktivitas pemenuhan kebutuhan hidupnya sendiri. Orang tua hadir untuk membantu bayi tumbuh-berkembang dengan baik. Nah, lalu bagaimana cara orang tua mengetahui jika bayi sedang lapar?

Lihat bahasa tubuh baby feeding cues berikut ini:

hunger cue sign

Tips Menyusui Bayi:

Ibu sebaiknya segera menyusui bayi ketika melihatnya mulai terbangun, mulut bergerak atau mengisap tangan. Jangan menunggu sampai bayi menangis sebab saat ini bayi sudah marah kelaparan. Bayi yang menangis kelaparan akan sulit disusui sehingga tenangkan dahulu dengan menggendong serta menimang-nimangnya lalu kemudian segera berikan payudara untuk membuatnya kenyang. Bayi akan kembali tidur pulas setelah kenyang disusui.

Tanda Bayi Kenyang

Banyak ibu bertanya-tanya bagaimana cara untuk tahu bahwa bayi yang menyusu di payudara sudah kenyang?

Payudara memang tidak transparan seperti botol dot, sehingga sering membuat ragu untuk memastikan kecukupan asupan nutrisi bayi. Namun, jangan khawatir, mengetahui bayi kenyang ketika menyusu itu mudah. Lihat saja genggaman tangannya.

Bayi yang lapar tangannya akan menggenggam kuat sekali di saat awal menyusu. Lalu ketika sudah mulai kenyang tubuh bayi akan mulai rileks, mulai dari wajah – bahu – lengan – hingga yang terakhir adalah genggaman tangan. Bayi yang kenyang genggaman tangannya akan terbuka rileks.

2015-03-14-17-50-54

Beberapa bayi akan melepas sendiri payudara, sedangkan bayi yang lain akan tetap menghisap hingga tertidur. Bayi yang kenyang raut wajahnya akan terlihat rileks dan bahagia. Ibu sebaiknya membiarkan bayi menyusu tanpa dibatasi dan dijadwal. Ikuti saja kemauan bayi.

Tips Menyusui Bayi:

Longgarkan ikatan bedong dan lepaskan sarung tangan ketika akan menyusui bayi. Bedong yang rapat akan menghalangi kontak kulit ibu-bayi sehingga membuat bayi malas menyusu. Sarung tangan akan menghalangi fungsi tangan bayi saat menyusu. Tangan membantu manusia untuk makan. Dengan tangan kita memasukkan makanan ke dalam mulut. Tangan membantu bayi menstabilkan tubuhnya saat melekat untuk menyusu.

Memantau tanda kecukupan ASI akan membuat bayi sehat dan ibu bebas dari rasa takut. Tanda kecukupan ASI pun adalah tanda-tanda yang sangat mudah untuk diamati. Baca tentang informasi tanda kecukupan ASI pada bayi disini link. Ikuti kelas edukASI menyusui dan kunjungi konselor laktasi sebelum bayi lahir.

Menyusui itu mudah.

 

 

 

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s