KB Disaat Sedang Menyusui Bayi

Menyusui bayi bukan halangan untuk bercinta yaa ūüôā

Pasangan suami-istri disarankan untuk melakukan keluarga berencana supaya ibu sehat dan keluarga juga sehat. Jarak kehamilan yang ideal adalah 2 hingga 3 tahun setelah kehamilan terakhir. Jarak kelahiran yang ideal memungkinkan ibu untuk:

1. Ibu memiliki waktu lebih banyak untuk menyusui dan merawat anak.
2. Memberikan waktu yang cukup bagi tubuh ibu untuk pulih kembali sebelum hamil lagi.
3. Membantu mengatur pengeluaran keluarga sehingga pemenuhan kebutuhan hidup lebih mudah.

Banyak pilihan KB yang bisa ibu gunakan yaitu menyusui eksklusif, kondom, abstinen, suntik, pil, susuk, spiral (IUD), tubektomi dan vasektomi.

KB Menyusui_wwwduniasehatnet

Menyusui eksklusif bisa menjadi KB LAM (Lactation Amenorrhea Method) HANYA JIKA:
1. Ibu menyusui ekslusif selama 6 bulan.
2. Ibu belum menstruasi
3. Bayi berusia kurang dari 6 bulan.

Rata-rata ibu menyusui kembali subur dalam waktu 14 bulan. Menyusui menyebabkan prolaktin dalam kadar tinggi sehingga mencegah ovulasi dan ibu tidak menstruasi ketika masih menyusui bayi.

Namun, jika KETIGA syarat di atas tidak terpenuhi maka sebaiknya ibu memilih metode KB lain untuk mengatur jarak kehamilan.

Pilih KB yang tidak mengandung hormon estrogen karena berisiko menurunkan produksi ASI dan juga jumlah protein di dalam ASI.

Jenis pilihan kontrasepsi antara lain:

  1. Kontrasepsi oral.

Terdapat dua pilihan kontrasepsi oral yaitu pil KB yang mengandung estrogen-progestin dan pil yang hanya mengandung progestin. Ibu menyusui disarankan memilih pil yang mengandung progestin saja (minipil) sebab estrogen berisiko menurunkan produksi ASI. Gunakan setelah 6 minggu pasca melahirkan supaya tidak mempengaruhi proses pemantapan produksi ASI. Pil harus diminum setiap hari dengan tertib. Risiko kehamilan kurang dari 1 diantara 100 ibu dalam 1 tahun bila digunakan dengan benar.

2. Alat kontrasepsi dalam rahim: Intrauterine Device (IUD)

IUD sering disebut juga KB spiral oleh masyarakat awam. IUD saat ini sudah dibuat lebih canggih, berbeda dengan IUD yang model lama. Pilih IUD yang non-hormonal sehingga tidak mempengaruhi hormon laktasi. Pasang IUD setelah 6 minggu pasca persalinan. Bisa terjadi perubahan pola haid dalam 3 – 6 bulan pertama pemakaian. Bisa efektif 3-5 tahun, bahkan beberapa IUD bisa hingga 10- 12 tahun tergantung IUD yang anda pilih. Risiko kehamilan 1 diantara 100 ibu dalam 1 tahun jika dipasang dengan benar

3. Implan

Implan adalah alat KB yang mengandung hormon yang dimasukkan di bawah kulit lengan. Pilih implan yang mengandung levonorgestrel yang akan melepaskan hormon progesteron secara perlahan. Bisa efektif hingga 5 tahun. Risiko kehamilan kurang dari 1 diantara 100 ibu dalam 1 tahun bila digunakan dengan benar.

4.  Kondom

Kondom mencegah kehamilan dengan cara menghalangi pertemuan sel sperma dengan sel telur karena sperma ditampung di ujung selubung karet yang terpasang di penis sehingga sperma tidak tercurah ke saluran reproduksi wanita. Risiko kehamilan adalah 2 diantara 100 ibu dalam 1 tahun bila digunakan dengan.

5. Diafragma

Diafragma adalah kap berbentuk cembung dari lateks yang dimasukkan ke dalam vagina sebelum berhubungan seksual sehingga akan menutupi serviks rahim dan mencegah masuknya sperma ke dalam rahim. Diafragma juga bisa dilengkapi dengan spermicida. Risiko kehamilan adalah 6 diantara 100 ibu dalam 1 tahun bila digunakan dengan benar.

6. Suntikan Progestin

KB hormonal mengandung progestin yang disuntikkan setiap 3 bulan sekali. Bisa dipilih oleh ibu menyusui karena tidak mengandung estrogen. Risiko kehamilan kurang dari 1 diantara 100 ibu dalam 1 tahun bila digunakan dengan benar.

Ada juga KB kalender dengan cara menghindari berhubungan seksual pada masa ibu subur (hari-hari sekitar masa ovulasi). Risiko kehamilan 1 Р9 diantara 100 ibu dalam 1 tahun bila digunakan dengan benar.  

Beberapa pasangan ada yang memilih senggama terputus atau coitus interuptus dimana suami mengeluarkan penisnya sesaat sebelum terjadi ejakulasi. Risiko kehamilan adalah 4 diantara 100 ibu dalam 1 tahun bila digunakan dengan benar.

Beberapa pasangan yang sudah tidak merencanakan hamil lagi bisa memilih vasektomi (mengikat atau memotong atau memasang cincin pada saluran reproduksi pria) atau tubektomi (mengikat atau memotong atau memasang cincin pada saluran telur wanita).  Risiko kehamilan kurang dari 1 diantara 100 ibu dalam 1 tahun bila digunakan dengan benar. 

Tanyakan pilihan KB kepada dokter dan bidan. Ada banyak isu negatif yang belum tentu benar telah beredar di masyarakat awam. Jika ragu, tanyakan kepada dokter dan bidan anda. Anak adalah anugrah dari Allah yang harus dijaga dengan baik. Anak memiliki hak-hak dimana orang tua berkewajiban memenuhinya. Berikan asah, asih dan asuh yang terbaik supaya anak bisa tumbuh berkembang menjadi generasi penerus yang kuat.

Rencanakan setiap kehamilan dengan matang untuk kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga

 

 

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s