Menyusui dan ASI

Bayi Menolak Menyusu Akibat Nursing Strike dan Bingung Puting

BAYI MENOLAK MENYUSU

Bayi menolak menyusu ini ada banyak sebabnya.

Nursing Strike

Nursing strike adalah kondisi dimana bayi tiba-tiba menolak menyusu setelah sebelumnya tidak ada masalah dalam menyusui. Nursing strike bisa terjadi kapan saja, hanya sementara namun jika salah pengelolaan akan menjadi penyapihan selamanya. Bayi yang nursing strike belum tentu sudah siap untuk disapih.

Penyebab Nursing Strike

Penyebab nursing strike bisa karena:

  1. ibu sedang menstruasi,
  2. makanan yang dimakan ibu,
  3. perubahan sabun, pewangi atau deodorant ibu,
  4. ibu sedang stress dibawah tekanan,
  5. bayi sakit misalnya pilek, bayi sariawan, bayi tumbuh gigi
  6. ibu salah bereaksi ketika kesakitan digigit bayi 

Tips Menyusui Saat Nursing Strike

Cari penyebab dan atasi penyebab tersebut. Makanan biasanya akan keluar 24 jam dari tubuh ibu sehingga besok bayi akan lancar menyusu kembali. Tips menyusui kembali:

  1. Ibu memang harus meluangkan lebih banyak energi untuk membuat bayi kembali menyusu.
  2. Ibu bisa menyusui di tempat yang tenang, tidak ada gangguan dan nyaman.
  3. Luangkan waktu untuk lebih sering bermain, berpelukan, menimang dan menggendong bayi.
  4. Lakukan kontak kulit dengan bayi di dada ibu.
  5. Tawarkan payudara ketika bayi mengantuk.
  6. Ambil posisi menyusui biological nurturing untuk membangkitkan kembali insting menyusu bayi. Baca lebih lanjut disini Posisi Menyusui Bayi link.

Pastikan bayi tetap minum susu dengan ibu memerah ASI dan memberikan ASIP memakai cangkir (jangan pernah pakai dot). Jika semua baik-baik saja namun bayi tidak mau menyusu juga, sebaiknya periksakan bayi ke dokter untuk kemungkinan sakit telinga, permasalahan di hidung atau rongga mulut, atau penyebab lainnya.

nursing strike Sumber

Bingung Puting

Bingung puting adalah kondisi dimana bayi tidak mau menyusu setelah sebelumnya bayi mengenal puting lain seperti dot, empeng atau puting sambungan. Bingung puting ini ada yang terjadi sejak bayi baru lahir dan ada yang terjadi secara bertahap. Bayi baru lahir yang belum mantap menyusu kemudian mendapatkan dot akan lebih memilih menyusu di dot daripada payudara.

Tips Menyusui Saat Terkena Bingung Puting

Penanganan bingung puting tentu saja dengan membuang penyebab (dot dan empeng). Jika bayi belum mau menyusu pada ibu maka berikan ASIP dengan cangkir. Tips menyusui saat bayi terkena bingung puting:

  1. Ibu menyusui bayi saat awal tanda bayi lapar dengan menyepi di kamar yang nyaman, tenang dan minim gangguan.
  2. Gendong bayi dengan kontak kulit di dada ibu seperti perawatan bayi metode kanguru.
  3. Ambil posisi menyusui biological nurturing.
  4. Jika bayi mengamuk bisa ditenangkan dengan membiarkan bayi menghisap-hisap jari ibu sejenak.
  5. Bantu bayi melekat dengan teacup hold dan breast sandwich. Baca lebih lanjut disini Cara Menopang Payudara dan Pelekatan Menyusui Bayi
  6. Perah ASI minimal 8 kali sehari jika bayi belum mau menyusu kemudian berikan ASIP menggunakan media yang aman. Baca lebih lanjut disini Tip Memerah ASI

Jika produksi ASI ibu banyak dan aliran ASI bagus biasanya bayi akan mudah kembali menyusu di payudara. Jika produksi ASI ibu sudah berkurang maka ibu juga harus melakukan relaktasi. Pasang alat suplementer berisi suplementasi yang diperlukan bayi di payudara ibu supaya bayi mau bertahan untuk menghisap payudara. Baca juga ASI Sedikit dan Relaktasi

Selama penanganan bingung puting dan nursing strike wajib untuk memastikan selalu bahwa bayi mendapat cukup asupan dengan memantau kondisi serta tanda kecukupan asupan pada bayi. Jaga supaya produksi ASI tetap lancar. Jaga supaya bayi dekat dengan ibu supaya bisa segera disusui saat memperlihatkan tanda awal lapar.

Informasi berikut akan membantu ibu:

Segera hubungi Konselor Menyusui kapan pun ada masalah menyusui dan periksa kontrol ke tenaga kesehatan saat ada permasalahan kesehatan. Sejumlah kecil ibu memang tidak bisa menyusui dengan alasan indikasi kesehatan. Namun sebagian besar ibu gagal/tidak bisa menyusui bayi sesuai keinginannya karena tidak tahu caranya dan tidak mendapatkan dukungan menyusui. Minta bantuan konselor menyusui, tenaga kesehatan juga keluarga untuk mendampingi proses menyusui.

20140618_144122

Bingung puting adalah bencana menyusui.

Bingung puting tidak bisa diramalkan kapan dan pada bayi siapa ini bisa terjadi seperti bencana lainnya yang tidakbisa diramalkan. Kita baru tahu bayi ibu ternyata tipe yang menjadi bingung puting ketika telah terjadi. Oleh sebab itu, cegah bingung puting sebelum terjadi.

Baca: ASI Sedikit dan Relaktasi

Perjuangan menyembuhkan bayi bingung puting serta menghadapi bayi menolak menyusu ini memang penuh tantangan. Waktu yang diperlukan berbeda. 

Ada kalanya ibu lelah juga bosan. Ingin menyerah kalah. Luruskan kembali niat utama, saat menyusui menjadi pilihan hidup. Lihat kembali perjuangan sejak awal memulai perjalanan ini. Bergabung dengan kelompok pendukung ASI dan ibu menyusui akan meringankan perjalanan. Minta bantuan konselor menyusui, tenaga kesehatan juga keluarga untuk mendampingi proses menyusui. Ibu tidak sendiri.

Dukungan menyusui berkelanjutan sesuai kondisi bisa memfasilitasi banyak ibu mewujudkan keinginan dan berhasil mendapatkan pengalaman menyusui menyenangkan. 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

1 thought on “Bayi Menolak Menyusu Akibat Nursing Strike dan Bingung Puting”

  1. Dok praktek kons laktasi d mn ya..anak sy 1th 3bln mnolak mnyusu lgsg..dot sy buang sy kasi asip via cangkir..3hr ini ttp mnolak mnyusu langsung..ada apa y dok..asi lancar dan deras..

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s