World Heart Day 2014

Penyakit Jantung dan Stroke

Penyakit jantung dan pembuluh darah dimana termasuk serangan jantung dan stroke merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Setidaknya 17,3 juta meninggal akibat penyakit ini. Selama ini banyak orang mengira bahwa penyakit jantung adalah penyakitnya kaum adam, namun pada kenyataannya:

Separuh kematian akibat penyakit ini adalah kaum wanita. Penyakit jantung dan pembuluh darah mengakibatkan kematian pada wanita lebih banyak daripada kematian akibat kanker, tuberkulosisis, HIV/AIDS dan malaria.

Anak-anak juga rentan terhadap penyakit ini: sekitar 1,35 juta bayi terlahir dengan penyakit jantung bawaan setiap tahunnya. Lebih dari itu, anak-anak rentan mengalami gangguan emosional ketika melihat orang yang disayanginya sakit akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Jantung yang sehat dimulai sejak dini yaitu di masa kanak-kanak, karena masa ini adalah waktu yang tepat untuk mengadopsi perilaku yang menyehatkan jantung dan mengurangi risiko.

WHD2014_Web_Banner

Tips Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kabar baiknya, sebagian besar penyakit jantung dan stroke ini bisa dicegah. Kita bisa menjaga jantung kita dan jantung orang-orang tercinta dengan:

1. Bergerak Aktif

aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 30 menit lima kali seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Aktivitas fisik ini tidak selalu dalam bentuk olahraga.

Kita juga bisa melakukan aktivitas fisik dengan mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari seperti berkebun 🙂 atau meminta anak membantu membersihkan rumah.

  • Buat rencana yang realistik.

Cara meningkatkan level aktivitas fisik harus realistis yang mudah dilakukan dan secara bertahap. Mendadak berencana mau rajin lari marathon terkadang sering gagal total.

  • Terlibat dalam aktivitas yang sedang digalakkan  di daerah setempat.

Melakukan aktivitas fisik bersama-sama terkadang membuat semangat lebih stabil dan hati riang karena banyak teman. Banyak kelompok pecinta olah-fisik yang saat ini sedang in di kota-kota tertentu, seperti lari bersama atau bersepeda ke kantor (bike to work). Bike to work merupakan salah satu cara cerdas berolah raga di tengah padatnya rutinitas sehari-hari.

2. Makan makanan yang menyehatkan jantung.

Menu makan yang kaya buah dan sayur-mayur membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

  • Terkadang sulit untuk menghindari total makan makanan manis favorit. Daripada menghindarinya yang membuat rencana diet gagal, mending rubah perlahan dengan mengganti coklat dan aneka kue dengan buah-buahan segar.
  • Buat tampilan makanan sehat menarik bagi anak dengan cara memilih aneka warna makanan dan melibatkan anak untuk memasaknya.
  • Batasi konsumsi garam hingga kurang dari lima gram setiap hari (sekitar 1 sendok teh).
  • Perhitungkan porsi ukuran makanan: gunakan piring kecil, pastikan porsi sayuran dan buah lebih banyak daripada karbohidrat dan daging.

 3. Stop Merokok

Berhenti merokok dan hindari perokok pasif (secondhand maupun thirdhand smoke) supaya bisa menurunkan faktor risiko penyakit jantung dan stroke

    •  Jauhkan rokok dan asap rokok dari rumah demi melindungi masa depan keluarga anda.
    • Berikan pendidikan bahaya rokok pada anak, bantu anak memutuskan untuk mengadopsi gaya hidup tanpa rokok.

Jika sulit untuk berhenti merokok, Anda bisa menemui dokter untuk dibantu menghentikan kecanduan rokok.

4. Tahu berapa nomor anda

Penting sekali untuk melakukan cek kesehatan jantung secara teratur

  • Lakukan pengecekan tekanan darah, berat badan, indeks massa tubuh, kadar gula darah dan kolesterol.
  • Segera lakukan rencana perombakan gaya hidup begitu mengetahui faktor risiko yang mungkin ada pada tubuh. Minta nasehat dokter tentang rutinitas dan gaya hidup untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Bicarakan dengan keluarga di rumah untuk kontinuitas pelaksanaan rutinitas harian yang sehat.

heart-day-493x262

 

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

1 reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s