Menyusui dan Millenium Development Goals (MDGs)

Millenium Development Goals: Pada Suatu Masa…

Pada tahun 1990 delapan tujuan global, the Millenium Development Goals (MDGs), dicanangkan oleh pemerintah negara-negara di dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memerangi kemiskinan dan mempromosikan kesehatan serta perkembangan berkelanjutan secara komprehensif pada tahun 2015.

Dilakukan hitung mundur secara teratur untuk menilai kemajuan pencapaian tujuan MDGs. Tema World Breastfeeding Week kali ini menegaskan pentingnya peningkatan serta pemeliharaan perlindungan, promosi dan dukungan terhadap menyusui ketika sudah tahun 2015 dan setelah agenda 2015 selesai, dengan melibatkan berbagai kelompok juga umur seluas mungkin.

menyusui dan manfaat ASI

Dimanapun posisi dan siapapun kita, kemajuan akan bisa terjadi serta terpelihara jika kita berusaha. Supaya berhasil, kita perlu merencanakan persiapan, membuat tujuan dan target, menggabungkan kekuatan dan bertindak.

Perlindungan, promosi dan dukungan menyusui: sangat penting, tujuannya menyelamatkan kehidupan!

The Millennium Development Goals (MDGs) diharapkan tercapai pada tahun 2015 – tahun depan!
The Eight Millennium Development Goals, antara lain:
1. To eradicate extreme poverty and hunger;
2. To achieve universal primary education;
3. To promote gender equality and empower women;
4. To reduce child mortality;
5. To improve maternal health;
6. To combat HIV/AIDS, malaria, and other diseases;
7. To ensure environmental sustainability; and
8. To develop a global partnership for development.

Banyak kemajuan berhasil dicapai, namun masih banyak hal yang belum terselesaikan. Beberapa contohnya: kemiskinan telah menurun namun 1 dari 8 orang masih tidur dnegan rasa lapar. Kurang gizi dialami oleh seperempat anak di dunia. Kegendutan yang merupakan kondisi lain dari kurang gizi mulai sering ditemukan.

Secara umum angka kematian anak di bawah lima tahun telah turun, proporsi kematian bayi baru lahir di umur kurang dari 1 bulan mengalami peningkatan proporsi dari seluruh kematian anak. Kematian ibu menurun dari 400 per 100.000 kelahiran hidup di tahun 1990 menjadi 210 di 2010, namun kurang dari separuh ibu yang bisa melahirkan di fasilitas bersalin ramah-bayi.

Kontribusi keberhasilan menyusui pada pencapaian MDGs antara lain:

1. Eradikasi kemiskinan dan kelaparan
Menyusui secara eksklusif selama 6 bulan dan meneruskan untuk menyusui hingga 2 tahun akan berkontribusi memberikan makanan sehat dengan kualitas energi serta gizi yang baik bagi anak sehingga membantu memerangi kelaparan dan kurang gizi. Menyusui adalah pemberian makan pada bayi dan anak yang paling hemat. ASI adalah makanan berkualitas yang bisa dijangkau oleh siapapun tanpa membebani perekonomian keluarga, berbeda dengan susu formula.

2. Mewujudkan pendidikan dasar universal
Menyusui dan pemberian MPASI yang tepat menunjang persiapan belajar anak. Menyusui dan memberikan MPASI yang berkualitas terbukti mencegah kekerdilan, meningkatkan perkembangan mental sehingga membantu anak mudah belajar.

3. Mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
Menyusui memberikan kesempatan yang sama bagi anak untuk mendapatkan nutrisi terbaik tanpa memandang jenis kelamin. Perbedaan pertumbuhan anak laki-laki dan perempuan baru akan terjadi ketika masa MPASI. Biasanya perbedaan pemilihan makanan-terkait-jenis kelamin baru akan terjadi ketika masa MPASI. Menyusui adalah hak unik yang hanya dimiliki oleh wanita dan harus dilindungi oleh masyarakat, misalnya debgan undang-undang terkait maternitas.

4. Mengurangi kematian anak
Hanya dengan menyusui bisa mengurangi 13% kematian anak dan ditambah 7% dengan pemberian MPASI yang berkualitas baik. Sebanyak 50-60% kematian pada anak dibawah umur 5 tahun terjadi karena malnutrisi yang diakibatkan oleh pemberian MPASI yang buruk dengan menyusui yang tidak optimal.

5. Memperbaiki kualitas kesehatan ibu
Menyusui terbukti mengurangi perdarahan setelah melahirkan sehingga ibu lebih terlindungi dari anemia, mencegah kanker payudara, kanker indung telur (ovarium), kanker endometrium dan osteoporosis. Menyusui bisa memperpanjang jarak antar-kehamilan sehingga menurunkan risiko melahirkan anak terlalu dekat.

6. Memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya
Pemberian ASI eksklusif disertai pengobatan antiretrovirus pada ibu serta bayi terbukti menurunkan transmisi HIV dari ibu ke bayi hingga level sangat rendah.

7. Menjaga kelestarian lingkungan
Menyusui sangat ramah lingkungan karena tidak berkontribusi memberikan beban limbah pabrik, sampah plastik, sampah aluminium serta mengurangi penggunaan bahan bakar fosil atau kayu bakar.

8. Mengembangkan kerjasama global untuk pembangunan
Berkat The Global Strategy for Infant and Young Child Feeding menciptakan kolaborasi multisektoral dan membangun kerjasama antar departemen untuk mensukseskan berbagai program menyusui dan pemberian makanan bayi.

menyusui dan MDGs

Dengan menjaga, mempromosikan dan mendukung menyusui, kita bisa berkontribusi terhadap pencapaian tujuan MDGs. Pemberian ASI eksklusif dan MPASI yang tepat merupakan kunci untuk meningkatkan keberlangsungan hidup anak, dengan potensi mencegah kematian hingga 20% seluruh kematian anak di bawah 5 tahun. Lebih dari 500.000 anak setiap tahun. Lebih dari 1.500 anak setiap hari.

 

 

 

 

 

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s