Hari Anak: Hak dan Kewajiban Anak

Sejarah Hari Anak dan Hak Anak

Hari Anak adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984.

Anak adalah setiap manusia yang berumur kurang dari 18 tahun. Anak akan selalu ada, baik di masa lalu-masa kini-masa depan. Pada tahun 1923 seorang tokoh perempuan bernama Eglantyne Jebb merumuskan 10 hak anak. Pada tahun 1924 disahkan menjadi pernyataan hak anak oleh Liga Bangsa-Bangsa (LBB). Pada tahun 1959 disahkan menjadi pernyataan hak-hak anak oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada tahun 1979 disahkan Hari Anak. Pada tahun 1989 disahkan menjadi Konvensi Hak-Hak Anak oleh PBB.

 

Konvensi Hak Anak

Konvensi hak-hak anak merupakan pernyatan bangsa-bangsa di dunia mengenai hak-hak anak. Hak-hak anak melekat dalam diri anak. Hak-hak anak adalah hak asasi manusia. Hak-hak anak menjamin hak asasi anak. Di banyak bagian di dunia ini masih banyak anak yang dicederai haknya dan menjadi korban dalam berbagai keadaan.

Setiap anak memiliki hak yang sama tidak peduli siapa dia, dimana tempat tinggalnya atau apa agamanya (atau kepercayaannya). Hak-hak anak ini sebaiknya diakui dan dipenuhi. Hak-hak ini tercantum dalam

UN Convention on the Rights of the Child (CRC). Sebagian besar negara di dunia telah menyetujui hak-hak anak ini. Apa sajakah hak anak yang sebaiknya dipenuhi? (juga kita ajarkan ke anak supaya mereka mengetahui haknya juga kewajibannya memberikan hak kepada anak lainnya)

1. Setiap anak memiliki hak untuk hidup seutuhnya, bertahan hidup dan tumbuh sehat.

Artinya anak juga wajib untuk menghormati hak hidup orang lain.

2. Setiap anak berhak diperlakukan sama dan mengetahui bahwa mereka berharga.

Artinya anak juga harus memperlakukan orang lain dengan sama.

3. Setiap anak berhak untuk hidup dengan tenang, bermain dan bertemu dengan anak-anak lain selama tidak membahayakan dan mengganggu hak pihak lain.

Artinya setiap anak berhak memilih temannya juga wajib membiarkan anak lain ikut bermain bersama dan memperlakukan teman dengan adil.

hak anak

4. Setiap anak berhak untuk merasa aman, hidup di lingkungan yang aman dan terlindungi dari penelantaran serta penyiksaan.

Artinya anak juga wajib membantu orang lain untuk tetap aman dan terlindungi.

5. Setiap anak berhak berbicara dengan bebas dan mengungkapkan pendapatnya untuk didengarkan.

Artinya anak juga wajib mendengarkan orang lain dan menghormati pendapat mereka.

6. Setiap anak memiliki hak untuk bertahan hidup dan tumbuh berkembang dengan akses ke pelayanan kesehatan yang baik, makanan bergizi dan air bersih.

Artinya anak juga wajib membantu orang lain mewujudkan hak ini.

7. Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang menghormati serta mengembangkan kepribadian dan kemampuannya.

Artinya setiap anak juga wajib bertanggungjawab terhadap pilihan pendidikannya dan menghormati kemampuan orang lain.

8. Setiap anak berhak untuk berpikir dan mempercayai apa yang dia sukai dan menggunakan bahasa serta kebiasaan adat istiadat yang dianut oleh keluarganya.

Artinya anak juga wajib menghormati bahasa, budaya dan kepercayaan orang lain.

9. Setiap anak berhak untuk mengetahuim keluarganya dan tumbuh berkembang dalam naungan keluarganya.

Artinya setiap anak juga wajib berpartisipasi untuk membantu keluarganya.

10. Setiap anak berhak mendapatkan nama dan kewarganegaraan.

Artinya anak juga wajib menghormati nama dan kewarganegaraan orang lain

in.

2014-07-23-04-48-06-2024494668

Setiap anak harus mendapatkan perlakuan yang sama. Jangan membeda-bedakan perlakuan terhadap anak, tanpa memandang perbedaan jenis kelamin, agama, suku, ras dan budaya. Anak harus diperlakukan sebagai manusia.

Selamat Hari Anak Nasional 2014 ^_^

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s