Efek Media Pada Anak Usia Bawah Tiga Tahun

Umur anak terpapar media elektronik saat ini sudah semakin muda. Anak umur 5 bulan sudah akrab dengan tayangan media layar kaca, baik itu televisi (TV), komputer maupun telepon seluler. Otak anak umur di bawah 2 tahun sedang berkembang sangat pesat. Potensi otak anak usia di bawah 2 tahun ini sangat istimewa. Anak usia batita ini membutuhkan stimulasi yang baik supaya otaknya bisa berkembang dengan baik. Anak kecil berbeda dengan anak yang sudah besar atau orang dewasa, ketika melihat TV mereka tidak mengerti apa yang disuguhkan oleh acara di TV tersebut. Respon terhadap TV bagi bayi dan batita secara garis besar, yaitu:

  • Bayi dan batita akan tertarik memperhatikan cahaya, gerakan serta aktivitas yang disuguhkan oleh media elektronik seperti TV tanpa mereka mengerti dengan hal sedang diperhatikan.
  • Anak memang akan bisa mengenali suara yang familiar setelah beberapa waktu melihatnya.
  • Anak sebenarnya tidak dapat mengerti alur cerita yang disuguhkan.
  • Anak akan meniru apa yang mereka tonton seperti akan bertepuk tangan saat melihat tayangan tokoh yang bertepuk tangan, namun biasanya bayi akan lebih cepat meniru gerakan tepuk tangan yang dicontohkan secara langsung

Batita membutuhkan banyak tenaga saat menonton TV. Aktivitas menonton TV akan membuat mereka sangat lelah. Terutama pada bayi yang belum mampu memutar kepala berpaling untuk beristirahat sejenak dari layar kaca akan bisa mengalami stress. Batita pun akan merasa capek di depan TV, namun mereka bisa berjalan menjauh saat merasa capek. Akibatnya mereka akan menjadi rewel dan sering menangis.

Efek tayangan iklan pada anak:

Anak yang masih sangat kecil ini sangat rentan terhadap penayangan iklan. Anak yang masih sangat kecil ini sebenarnya belum mengerti dengan tujuan tayangan iklan. Namun mereka tertarik dengan warna serta lagu yang ditayangkan. Anak akan mulai mengenali lambang merek sehingga lambat-laun akan terpikat dengan merek iklan yang mereka lihat.

Saat ini banyak dijual program video yang dikatakan sangat bagus bagi balita padahal kenyataannya sebagai berikut:

  • Banyak program video dijual dengan kemasan ‘edukasi’ bagi bayi dan batita. Padahal penelitian belum ada yang membuktikan bahwa batita bisa mendapatkan keuntungan dari belajar di video. Program berkualitas memang bisa menjadi sarana edukasi bagi anak, dengan syarat mereka mengerti akan isi dan konteks video. Sedangkan anak umur 2 belum bisa memahami alur media video.
  • Permainan kreatif justru lebih baik daripada media elektronik. Anak akan belajar menyelesaikan permasalahan, berpikir kreatif, mengembangkan logika dan ketrampilan motorik. Bermain bebas juga merupakan hiburan bagi anak.
  • Cara belajar terbaik bagi anak kecil adalah berinteraksi dengan orang hidup, bukan dengan media elektronik dan layar kaca.
  • Mendampingi anak belajar dengan melihat layar kaca memang bisa memberikan tambahan akan pemahaman, namun anak akan jauh lebih paham dengan contoh nyata.
  • Saat orang tua melihat TV untuk menemani mereka yang sedang menemani anak melakukan aktivitas (belajar, bermain) maka TV akan menjadi “media latar” yang akan menganggu anak, orang tua dan interaksi anak – orang tua. Kehadiran media latar ini juga akan mengganggu aktivitas dan permainan anak.
  • Menonton TV sebelum tidur akan mengganggu jadwal tidur serta kualitas tidur dimana akan berakibat gangguan perasaan, perilaku dan pembelajaran.
  • Anak yang mengalami ketergantungan berat terhadap penggunaan media elektronik bisa mengalami hambatan perkembangan bahasa.

AAP merekomendasikan sebaiknya anak umur di bawah 2 tahun sebisa mungkin dijauhkan dari paparan media elektronik seperti TV dan media lainnya. Jadi,  orang tua hendaknya bijak ketika mengenalkan media elektronik seperti TV bagi anak batita. Mereka jauh akan lebih bahagia untuk bermain daripada terpaku di depan layar kaca.

fun learning2

Selanjutnya: Efek Media Bagi Anak Usia Prasekolah

Sebelumnya: Efek Media Bagi Anak

 

 

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

2 replies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s