90% Perokok Mulai ketika Remaja, Pencegahannya?

Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan

Seorang wanita yang merokok ketika hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, kelahiran prematur, kematian janin, serta sindroma kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome/ SIDS).

Nikotin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang menuju ke janin sehingga pasokan oksigen ke janin berkurang dan mengakibatkan kelainan jantung dan pembuluh darah pada janin. Berat badan lahir rendah (BBLR) umumnya terjadi pada bayi yang ibunya merokok/ perokok pasif. BBLR ini meningkatkan risiko kematian bayi. Pada ibu yang merokok, fungsi paru bayinya berkurang.

Selain itu, nikotin juga dapat ditemukan di ASI.

Remaja dan orang dewasa yang merokok maka fungsi paru nya berkurang lebih cepat dari orang yang tidak merokok, mulai sejak dia merokok. Merokok pada anak dan remaja dihubungkan dengan kelainan perkembangan paru, batuk kronis dan bersin-bersin.

Merokok meningkatkan risiko kanker paru 10 kali lipat.

tobacco

Ada lebih dari 7000 komponen kimia dan zat-zat lainnya terkandung di dalam rokok. Dan 70 diantaranya penyebab kanker. Semua jenis rokok berbahaya. Terpapar asap rokok/ merokok dapat menimbulkan efek dalam jangka waktu menengah atau panjang. 

Efek kecanduan nikotin sangat tinggi. Hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik agar nikotin sampai ke otak dan memberikan efek. Rokok jaman sekarang lebih tinggi untuk membuat kecanduan dibandingkan rokok beberapa puluh tahun yang lalu. Ini karena zat-zat kimia yang ditambahkan ke dalam rokok jaman sekarang. Misalnya saja tambahan rasa mint yang menyebabkan rokok menjadi lebih enak dan ringan untuk anak-anak dan remaja.

Sekitar 90% perokok mulai merokok ketika remaja. Bahkan 3 dari 4 remaja yang merokok akan menjadi perokok saat dewasa. Semakin muda seseorang mulai merokok, maka semakin mudah untuk kecanduan~menjadi pecandu berat~ dan semakin sulit untuk dihilangkan. Mereka lebih sensitif terhadap nikotin.

tobacco 1

Bagaimana cara mencegah anak-anak ini tidak merokok?

  1. Jadilah contoh yang baik. Jika orang yang terdekatnya merokok, maka anak-anak cenderung untuk meniru dan menjadi perokok.
  2. Berhenti merokok bagi yang sudah merokok. Pastikan anak-anak juga melihat perjuangan orang yang didekatkan untuk berhenti merokok. Jadikan paling tidak rumah dan mobil bebas rokok.
  3. Hati-hati dengan iklan rokok yang tampil di TV, termasuk film yang menampilkan pemainnya merokok. 
  4. Berikan pengertian kepada anak-anak mengenai bahaya merokok, dalam bahasa yang mudah dan sederhana. Misalnya, merokok akan mengurangi kemampuan anak-anak untuk berolahraga, tidak bisa bermain olahraga dengan baik, mulut bau, gigi berwarna kusam, kerutan pada wajah bertambah, penampilan jadi tidak menarik, tampak lebih tua, dll.
  5. Pada jaman sekarang, harus berpikir lebih dari sekedar ‘rokok’. Ada rokok tanpa asap, rokok elektrik, shisha,  hookah, termasuk permen rasa rokok. Semua jenis dari A-Z ini membuat kecanduan.

Sumber =
http://www2.aap.org/richmondcenter/EffectsOfTobaccoOnChildren.html ;http://www.surgeongeneral.gov/library/reports/50-years-of-progress/consumer-guide.pdf ; http://www.cdc.gov/tobacco/data_statistics/sgr/2004/highlights/children/index.htm?s_cid=tw_osh141

Ini dia iklan anti-rokok yang dibuat di Thailand yang telah membuat telepon ke klinik berhenti merokok meningkat.  Apa yang dilakukan perokok ketika melihat ada anak kecil yang merokok?

 

 

PERHATIAN!
WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s