MERS dan Pencegahannya

Bagaimanakah perkembangan MERS?

MERS atau Middle East Respiratory Syndrome, seperti yang telah banyak dibahas, disebabkan oleh coronavirus dan telah ditemukan menginfeksi penduduk di semenanjung Arab ataupun traveler yang telah berkunjung di negara-negara ini. Coronavirus sendiri adalah virus penyebab flu biasa hingga SARS (severe acute respiratory syndrome) yang telah menyebabkan epidemik global di 2003. Berbeda dengan virus SARS, virus MERS atau yang kita sebut MERS-CoV, sepertinya tidak dengan mudah menular dari penderita ke orang lain.

Kasus pertama MERS

Tidak banyak cerita mengenai kasus pertama MERS. MERS ditemukan pertama kali pada pasien di Jeddah, April 2012. Penemunya adalah dr. Ali Mohamed Zaki, seorang ahli virus dari Mesir, memeriksa pada pasien 60 tahun yang mengalami kesulitan bernapas. Pada musim semi 2012, pemeriksaan total dan berulang kali pada pasien. Diagnosisnya sangat banyak, mulai dari swine fever, coronavirus biasa hingga ke SARS “jenis baru”. Dr. Ali akhirnya mengirim sampel berupa air liur pasien untuk diperiksa di Erasmus Medical Center, Belanda. Pada November 2012 baru diketahui bahwa virus ini adalah varian baru dan akhirnya dinamakan MERS-CoV. Sayangnya, berita-berita luar negeri menyebutkan bahwa dr. Ali dengan tekanan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi diberhentikan dari posisinya setelah mengumumkan adanya virus baru ini di ProMED.

dr. Ali Mohamed Zaki

Sampai tanggal 2 Mei 2014, 5 hal ini yang disimpulkan oleh WHO dan CDC Atlanta:

  • Tingginya angka kesakitan dan kematian pasien yang terinfeksi MERS.
  • Penularan penderita ke orang lain yang terbatas.
  • Tanda dan gejala infeksi MERS tidak begitu jelas dan pasti.
  • Cara penularan MERS yang tidak begitu diketahui.
  • Belum ada vaksin dan obat untuk pencegahan MERS.

Pencegahan MERS

Sampai sekarang travel advisory yang dikeluarkan oleh CDC Atlanta berada di level 2,artinya, perjalanan  masih diperbolehkan dengan peningkatan kewaspadaan. Pencegahan MERS sebenarnya gampang karena mirip dengan pencegahan flu.

keep calm and wash your hands

Cuci tangan! Cuci Tangan! Cuci Tangan!

Pedoman pencegahan MERS:

Mengunjungi Jazirah Arab/ negara sekitarnya 14 hari terakhir?

Negara-negara yang masuk golongan ini = Bahrain, Iraq, Iran, Israel, Jordan, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Syria, United Arab Emirates (UAE), dan Yaman.

Masa inkubasi virus MERS hingga 14 hari. Sehingga, 14 hari setelah keluar dari negara-negara ini selalu jaga kondisi kesehatan tubuh.

Cuci tangan! Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jika tidak ada sabun, gunakan hand-sanitizer berbasis alkohol. Hindari terlalu sering memegang mulut, hidung, dan mata dengan tangan yang belum dicuci.

Jika sakit flu lengkap dengan batuk, pilek dan bersin-bersinnya, jangan lupa etikanya ya.

  • Tutup mulut dan hidung dengan tissue ketika batuk/ bersin. Ada baiknya gunakan masker.
  • Gunakan tissue sekali pakai dan langsung dibuang.
  • Jangan lupa, ada baiknya sedikit “mengasingkan” diri ketika sakit.

Hindari kontak erat dengan orang yang sedang sakit.

Lebih dari 75% orang yang terkena MERS ternyata infeksi sekunder, kena infeksi dari pasien yang memang sudah terkena MERS. Artinya, kontak erat ;  mengurusi orang yang sedang sakit (termasuk petugas kesehatan) atau tinggal dekat dengan orang yang sedang sakit (keluarga ataupun tetangga).

CDC Atlanta juga telah mengatakan bahwa mengunjungi orang yang sedang sakit MERS/ kemungkinan besar sakit MERS sudah dinyatakan sebagai kontak erat.

Sakit setelah mengunjungi Jazirah Arab dan kontak erat dengan pasien MERS? Segera ke RS terdekat apalagi ada hal-hal ini:

Demam >= 38 derajat Celcius, pneumonia, kesulitan bernapas setelah mengunjungi Jazirah Arab 14 hari terakhir.

atau

Gejala infeksi saluran pernapasan (tidak harus demam dg kesulitan bernapas) dengan riwayat kontak erat dengan penderita/ yg dicurigai terkena MERS.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s