Serba-Serbi Feses Bayi


Tubuh bayi berbeda dengan kita sehingga feses bayi pun akan berbeda dari ayah dan ibunya, terutama bagi bayi ASI eksklusif. Sebagai ibu kita perlu mengenali feses bayi yang normal supaya kita tetap bisa tenang dan tidak meragukan kualitas ASI.

Mengenal feses bayi

1. Mekonium

Kotoran pertama kali yang bayi keluarkan setelah lahir disebut meconium.

Meconium adalah campuran dari lendir saluran pencernaan, air ketuban dan aneka rupa zat yang ditelan bayi saat di dalam rahim. Mekonium adalah kotoran yang berwarna hijau tua hampir kehitaman, lengket, menyerupai ter dan kadang sukar dibersihkan.

Adanya mekonium ini merupakan tanda yang baik bagi bayi. Mekonium harusnya sudah mulai dikeluarkan setelah 12 jam lahir, bisa juga lebih cepat jika bayi mendapat cukup kolostrum. Dalam 24 jam pertama sebaiknya bayi sudah mengeluarkan meconium, jika tidak berarti ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik dan segera konsultasikan dengan dokter.

mekonium1

mekonium2

Bayi yang tidak BAB dalam 24 jam terkadang akan mengeluarkan kotoran berupa meconium plug seperti ini:

mekonium plug

Meconium plug adalah kotoran yang tidak normal. Meconium plug ini merupakan kumpulan massa meconium yang sangat liat dan lengket. Meconium plug bisa keluar sendiri atau akhirnya membuat sumbatan di usus bayi sehingga bayi menjadi tertunda BAB-nya.

Adanya meconium plug bisa jadi merupakan pertanda ada permasalahan seperti penyakit cystic fibrosis atau hirscprung disease/megacolon congenital, namun ada juga yang tetap normal. Penyebabnya dicurigai akibat imaturitas sel ganglion saraf di usus besar sehingga mengakibatkan gangguan sementara pada fungsi usus besar bayi. Ibu dengan penyakit diabetes dan bayi premature merupakan faktor risiko terjadinya meconium plug.

Bayi yang sehat dan mendapatkan cukup ASI biasanya akan BAB minimal:

  • BAB 1 kali sehari di hari pertama.
  • BAB 2 kali sehari di hari kedua.
  • BAB 3 kali sehari di hari ketiga.
  • kemudian setelah umur 4 hari: BAB 3 – 4 kali sehari dengan diameter minimal 2,5 cm.

2. Feses Transisional

Beberapa hari setelah lahir, bayi akan mengeluarkan kotoran bercampur meconium.

Kotoran ini merupakan kotoran peralihan antara mekonium dengan kotoran bayi setelah ASI ibu mulai banyak. Setelah umur 3 hari biasanya kotoran akan berwarna lebih terang. Pada umur 4 hari kotoran bayi sudah menyerupai kotoran bayi ASIX yaitu kotoran cenderung lembek berair. Warna feses kekuningan atau coklat seperti mustard atau pasta dan hanya sedikit berbau. Bayi BAB 2 – 3 kali sehari, terkadang bayi BAB setiap kali dia menyusu. Diameter ampas kotoran minimal sekitar 2,5 cm.

feses peralihan

3. Feses bayi cukup ASI

Kotoran bayi yang mendapat cukup ASI akan berwarna kuning seperti pasta atau mustard, konsistensi berbulir/berbiji dan lembek. Menurut banyak ibu, bau kotoran bayi ASIX tidak busuk tetapi justru manis.

Feses bayi asix normal

Setelah umur 3 – 4 minggu, ada bayi ASIX yang mulai jarang mengeluarkan kotoran, bahkan bisa hanya setiap 3 – 4 hari, bahkan seminggu (dr. Jack Newman bahkan pernah menemukan kasus yang hingga 20 hari). Selama bayi tetap sehat, perut normal, tidak disertai tanda bahaya, tumbuh dengan baik, aktif dan ceria maka ibu bisa terus melakukan observasi. Ibu minum air putih yang banyak, susui bayi di pagi hari, pijat lembut perutnya dan gerakkan kaki bayi seperti mengayuh sepeda. Pastikan bayi sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika bayi tidak BAB 7 hari untuk pertama kali (ada juga pendapat yang mengatakan jika bayi tidak BAB dalam 10 – 12 hari), sebaiknya bawa ke dokter anak. Biasanya ketika waktunya BAB, di hari-H bayi BAB dia akan membuang kotoran yang banyak sekali, tetap lembek dan berwarna kuning cerah.

Bayi umur 0 – 1 bulan harus BAB terus setiap hari. Jika bayi umur kurang dari 1 bulan tidak BAB sebaiknya segera bawa ke dokter atau nakes proASI terdekat.

Namun demikian ada juga bayi ASIX yang akan tetap BAB 3 – 5 kali atau bahkan lebih dalam sehari meski umurnya di atas 6 minggu. Selama bayi tetap sehat, ibu tidak perlu risau.

Feses bayi asix normal2

Feses bayi asix normal3

Bayi kadang ribut saat BAB bahkan ketika hanya kentut, hal ini disebabkan bayi sedang beradaptasi dengan sistem yang bekerja dalam tubuhnya dan belum tentu akibat konstipasi.

4. Kotoran Kehitaman

Kotoran semacam ini bisa ditemukan pada bayi dengan suplementasi zat besi atau susu formula. Zat besi memang bisa menyebabkan kotoran bayi kehitaman bahkan mengalami konstipasi. Ibu bisa memeriksakan darah bayi terlebih dahulu sebelum memberikan suplementasi atau sesuai rekomendasi dokter anak.

Feses suplementasi besi

Jika bayi tidak mengkonsumsi suplementasi zat besi dan kotorannya berwarna hitam, maka sebaiknya ibu memeriksakan ke dokter karena dikhawatirkan terjadi perdarahan saluran cerna.

5. Kotoran bayi keras dan kecil-kecil

Jika kotoran bayi kering dan sedikit, maka hal ini merupakan tanda bayi kekurangan asupan ASI sehingga mengalami konstipasi. Bayi yang konstipasi biasanya rewel, sering menangis, perutnya tegang dan kencang serta menujukkan gejala kolik. Kadang di kotoran bisa terdapat darah.

Feses bayi konstipasi

Pada bayi-bayi muda saat BAB mereka terkadang menangis dengan muka memerah juga mengejan seperti kesusahan BAB. Ini normal karena bayi-bayi ini sedang beradaptasi dengan proses fisiologis sistem tubuhnya.

Konstipasi terjadi jika:

  • bayi tampak sangat kesulitan saat mengejan mengeluarkan kotoran.
  • kotoran bayi kecil-kecil, keras dan kering atau kotoran besar dan keras.
  • bayi sangat rewel, mengeran dengan keran dan menangis kesakitan saat BAB.
  • perut bayi terasa kencang saat ditekan.
  • tampak darah di bagian luar kotoran akibat kulit anus lecet, disebut fisura anus, saat dilewati kotoran yang terlalu keras.

Tidak disarankan melakukan colok-anus secara rutin dan memasukkan obat (herbal atau resep dokter) atau minyak apapun secara rutin ke dalam anus bayi. Ini akan sangat merugikan bayi. Segera periksakan ke dokter jika bayi mengalami konstipasi.

6. Feses bayi yang minum susu formula

Bayi yang mengkonsumsi susu formula kotoran lebih padat, warna lebih gelap (kehijauan) dan berbau busuk menyerupai kotoran orang dewasa. Bisa juga kotoran berwarna kuning pucat atau kuning-kecoklatan. Frekuensi BAB sekitar 5 kali setiap hari dan setelah beberapa bulan menjadi satu kali setiap hari.

Feses bayi sufor normal

Bayi lebih berisiko mengalami konstipasi karena bahan susu formula sukar dicerna oleh bayi. Segera konsultasikan ke dokter jika bayi menunjukkan gejala konstipasi.

7. Feses pada bayi dengan diare

Tanda diare pada bayi:

1) Kotoran sangat encer, kadang air saja.

2) Bayi BAB dengan frekuensi lebih sering dari biasa, kotoran lebih banyak dari biasanya

3.) Bayi membuang kotoran menyemprot, sering kentut sehingga menimbulkan suara eksplosif.

Feses bayi diare

Bayi yang tumbuh gigi kadang kotorannya juga bisa lebih lembek dari biasanya dan biasanya tidak sampai menimbulkan gejala diare. Segera periksakan bayi ke dokter jika curiga diare karena diare yang tidak ditangani dengan baik berbahaya bagi bayi. IDAI menerbitkan  artikel yang bagus terkait penanganan diare, baca di link ini.

Jika bayi mengalami diare, maka kemungkinannya antara lain:

  • infeksi seperti infeksi saluran cerna
  • terlalu banyak meminum sari buah atau jus
  • efek samping pengobatan
  • sensitif atau alergi makanan

8. Kotoran bayi disertai lendir

Kotoran bayi disertai lendir bisa terjadi pada keadaan anak sedang banyak ludah (“main iler”). Kotoran bayi tampak kehijauan disertai lendir yang mengkilat dan terulur.

Feses disertai lendir

Jika kotoran hijau, ada lendirnya dan berbuih bisa terjadi pada bayi dengan ketidakseimbangan ASI-awal/ASI-akhir, alergi dan juga infeksi.

Ketidakseimbangan ASI ini biasanya terjadi akibat oversuplai. Ibu bisa mengatasinya dengan menyusui menggunakan satu sisi payudara untuk dua hingga tiga kali penyusuan.

Bayi dengan bilirubin tinggi (jaundice), atau bayi dengan suplementasi susu formula juga bisa mengeluarkan kotoran hijau namun tanpa lendir. Ibu yang mengkonsumsi banyak sayuran hijau juga bisa mempengaruhi warna kotoran bayi menjadi lebih hijau dan biasanya juga tanpa lendir. Kotoran hijau akibat infeksi biasanya ditandai dengan bayi sakit atau rewel.

Jika gejala menetap dalam 24 jam sebaiknya konsulkan dengan dokter terdekat, hal ini bisa disebabkan oleh:

  • merek susu formula yang diminum bayi
  • alergi/sensitif terhadap makanan (termasuk makanan yang ibu makan)
  • efek samping pengobatan
  • infeksi lambung

9. Kotoran bayi MPASI

Saat bayi mulai memakan banyak macam makanan selain ASI biasanya kotoran bayi akan lebih padat, gelap dan berbau.

Feses bayi mpasi normal

Makanan yang bayi makan bisa mempengaruhi warna kotoran. Bayi yang mengkonsumsi semangka maka kotorannya bisa berwarna merah (perhatikan jangan sampai salah dengan darah). Bayi makan labu atau wortel maka feses bisa berwarna oranye. Bayi makan pisang bisa ada serat hitam panjang.

Kadang makanan juga masih akan tampak utuh. Oleh sebab itu, beri bayi makan dengan tekstur yang menyesuaikan tahap perkembangan oro-motoriknya supaya bayi bisa mencerna makanan dan memanfaatkan zat gizinya dengan baik.

Feses bayi mpasi normal2

10. Feses bayi disertai darah

Jika ibu mendapati bayi tampak sakit dan fesesnya kemerahan seperti ini:

Feses disertai darah

Jika feses bayi kuning cerah, lembek dan seperti biasa namun tampak tercampur darah maka bisa jadi ini merupakan tanda bayi sedang mengalami alergi. Jika feses bayi encer, menyemprot, berbuih dan disertai darah maka bisa menjadi tanda bayi sedang mengalami infeksi. Jika feses bayi kecil, keras dan ada sedikit darah maka ini menjadi tanda adanya luka di anus bayi. Apapun kemungkinan penyebabnya, segera bawa bayi untuk diperiksa dokter ya.

11. Kotoran berwarna putih

Jika bayi ibu mengalami peristiwa membuang kotoran berwarna putih pucat seperti kapur (chalky white stool) sebaiknya segera bawa ke dokter anak ya karena bisa jadi ini gejala penyakit yang serius.

Jika ibu khawatir dan galau dengan bentuk feses bayi sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Saat pergi ke dokter jangan lupa membawa kotoran anak. Jangan jijik ya karena bisa jadi tindakan ini akan sangat membantu kerja diagnosis-klinis dokter.

Demikian pembahasan tentang serba-serbi feses bayi semoga bisa membantu meredakan sedikit kegalauan yang mungkin timbul yaa..

 

 

 

 

 

PERHATIAN!

WEBSITE INI BUKAN UNTUK TUJUAN PENGOBATAN. ARTIKEL HANYA BERSIFAT SEBAGAI EDUKASI UNTUK MENYEDIAKAN INFORMASI DAN TIDAK MENGGANTIKAN PENANGANAN MEDIS DARI DOKTER/AHLI PROFESIONAL SECARA LANGSUNG. PERIKSAKAN KE DOKTER/AHLI JIKA ANDA MEMILIKI PERMASALAHAN KESEHATAN/KONDISI LAIN YANG MENGGANGGU. SEGERA KE RUMAH SAKIT ATAU UGD JIKA ANDA MERASA SAKIT, MENGALAMI GANGGUAN KESEHATAN ATAU DALAM KONDISI DARURAT.

 

30 replies

  1. Dok,anak sy dua bln,setelah imun infanrix tgl 11 kemarin,bab nya encer dan beberapa kali sehari,hari ini malah berwarna hijautp sepertinya tidak berlendir,apakah ini berbahaya?

  2. Dok mau tanya baby saya perempuan usia 7bln stgh dan Asi tanpa dicampur sufor .
    2 hari ini klo poop berwarna hitam knpa ya? Berbahaya tidak buat si bayi?
    Untuk mpasi nya saya buat sendiri ..
    Terlalu banyak sayurkah?
    Krn sya buat nya beras buncis brokoli dan ayam kampung
    Kdg beras wortel brokoli salmon
    Kdg kentang buncis brokoli ati ayam..
    Mohon sharenya ya dok

  3. Dok saya mau tanya. Anak saya usianya 5 bulan. Dan masih asi ekslusif. Tp anak saya BAb nya hari ini sudah lebih 10 kali. Encer warnanya kuning kehijuan dan berlendir serta mengeluarkan darah. Apa yang harus saya lakukan dok?

  4. Huaa, nemu artikel ini di saat yang tepat bu dokter 😭 Saya panik & sedih karena feses baby Fathimah kuning bercampur darah malam ini (baru 1x, mudah-mudahan ga berulang 😭) saya jadi mikir ini alergi apa yaaa 😱

    • Penyebab feses bercampur darah bermacam2. Bisa infeksi, alergi, luka, dll. Jika besok masih berak bercampur darah segera periksakan ke dokter anak. Semoga segera membaik yah. Aamiin 🙂

  5. Dok, anak saya umur 3 bulan. Sufor karna asi saya tdk keluar. Fasesnya berwarna hijau gelap terus menerus selama 1 bulan dgn frekuensi bab 1x sehari. Apa itu perlu penanganan??

    • Halo ibu,
      Terkait kekhawatiran kondisi feses bayi maka supaya lebih jelas silakan diperiksakan dan dikonsultasikan ke dokter anaknya yaa. Jika mau menyusui bayi lagi, ibu bisa melakukan relaktasi dengan bimbingan/bantuan langsung konselor laktasi atau konsultan laktasi IBCLC terdekat.

  6. Alhmdulillah dapet link ini,,dok anak saya umur 5 bulan tgl 8sept nah setelah vaksin pentabio 3 udah 3 hr ini pup nya sehari bisa 3-5 kali… pupnya kuning terang asalnya ada berbiji skrg betbiji dikit..

    Asi full tiap dikasih asii langsung pup.. tp anaknya gak rewel..

    • Halo ibu, apakah pola BAB bayi tsb tidak seperti biasanya?
      Untuk diagnosis pastinya bisa diperiksakan/dikonsultasikan ke dokter anak tempat bayi vaksin terkait perubahan pola BAB bayi ini yaa sebab kami tidak bisa mendiagnosis tanpa memeriksa bayi dan infonya terbatas…

  7. Dok kalo anak aq umur 7 bulan 19 hari..
    Anakku sempet panas dan flu dan sudah tidak BAB selama 3 hari, tp bgtu demamnya hilang di hari ke 3 dia bab tapi warnanya hitam ke hijauan tapi lebih dominan hitam…
    Normalkah dok?

    • Halo ibu, mohon maaf kami tidak bisa mendiagnosis sebuah kondisi itu normal atau tidak hanya melalui konsultasi internet sebab kami tidak memeriksa langsung. Silakan periksakan langsung ke dokter yaa

  8. dok anak aq umurnya 3 minggu lebih dah 1 minggu dia selalu bab warna babnya kuning ads ampasnya tapi kadang encer dan berlendir dan sekarang warnanya kuning agak coklat.mohon bantuannya dok

    • Halo ibu, mohon maaf kami tidak bisa mendiagnosis memastikan kondisi atau penyebabnya tanpa periksa langsung. Silahkan periksa dan konsultasikan langsung ke dokter yang pro-ASI lebih lanjut yaa.

  9. Dok anak saya brusia 1 bulan
    Beraknya sudah beberapa hari ini ..
    Kalo kata orang tua saya sih gk ap ap ..
    Apakah ini brbahaya tidak . Coz.A saya sangat khawatir

    • Penyebab peningkatan frekuensi BAB bayi ada berbagai macam. Mohon maaf sebab kami tidak bisa mendiagnosis normal atau tidak tanpa memeriksa langsung sesuai keterangan dalam artikel di atas. Silakan periksa dan konsultasikan bayi ke dokter anak pro-ASI yg komunikatif untuk mengetahui penyebab yang lebih pasti

  10. Dok, anak saya berumur 20 bulan , hari ni BAB sehari 3 kali , warnanya hijau tua hampir kehitaman dan berbau menyerupai kotoran bayi baru lahir.. Knp y dok?

    • Mohon maaf sebab kami tidak bisa mendiagnosis tanpa memeriksa langsung sesuai keterangan dalam artikel di atas. Silakan periksa dan konsultasikan bayi ke dokter anak yg komunikatif untuk mengetahui penyebab yang lebih pasti

  11. Dok, anak saya umur 4 bulan, sudah 4 hari ini bab sehari 4-6x, diluar dari kebiasaan biasanya sehari sekali atau perdua hari bab.sebelum bab dia nangis dulu baru habis itu mengejan sambil angkat kaki kalo lg rebahan.apakah anak saya kena diare?selama ini saya cuma perbanyak asi, setiap habis bab langsung saya beri asi.memang saat ini anak saya masa2 oral selalu memasukkan tanganny kemulut, sementara saat ini saya aedang berusaha mengejar bb anak karena bb saat inj baru 6.6kg.apa perlu saya memberi oralit dan zinc?untuk pemberiannya bagaimana?apakah dengan air putih atau asip?
    Terima kasih

  12. Hai dok, saya punya adik berusia 2 tahun dan gejala dan jenis fases yang dialami adalah no 5, disini saya mau bertanya dok, itu adik saya sering ditahannya waktu mau bab, apakah bahaya dok ?

    Yang ke 2, ini juga karena sering begitu orang tua saya sering paksa adik saya waktu mau bab, dipangku supaya mau keluar tapi tidak mau keluar juga tapi masih saja dipaksa sama orang tua saya sampai adik saya nangis keras karena itu saya khawatir atas tindakan orang tua saya tersebut

    Terima kasih dok, itu saja dulu pertanyaan saya

    • Mohon maaf kami tidak bisa memberikan evaluasi hanya dari internet tanpa pemeriksaan secara langsung. Jadi silakan bawa anak periksa langsung ke dokter untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s